Harapan semuanya, jangan sampai persiapan selama empat tahun terakhir di Puslatda sia-sia karena atlet tak bisa bertanding dengan alasan kesehatan
Surabaya (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur menyiapkan empat unit rumah isolasi mandiri khusus bagi kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2020 yang memerlukan perawatan akibat COVID-19.

"Kami siapkan empat rumah isoman. Harapan kami semoga semuanya tidak terpakai," ujar Ketua Harian KONI Jatim Muhammad Nabil dihubungi di Surabaya, Senin.

Empat daerah penyelenggaraan PON XX Papua yang akan disiapkan rumah isoman masing-masing satu unit di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke.

Menurut dia, PON kali ini diselenggarakan masih dalam masa pandemi COVID-19 sehingga harus dilakukan langkah-langkah antisipatif untuk mencegahnya.

Di dalam setiap rumah isoman, pihaknya menyiapkan tenaga kesehatan, dokter serta 10 tabung oksigen yang digunakan sewaktu-waktu apabila dibutuhkan.

"Kami ada tim kesehatan khusus yang dilibatkan dan memantau mulai awal sampai akhir," kata Nabil.

Ketua Tim Puslatda Jatim tersebut juga menyampaikan bahwa penyiapan rumah isoman tidak lepas dari instruksi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang memprioritaskan siapa saja yang terlibat di PON Papua untuk tidak lalai terhadap COVID-19.

"Kami mendapat pesan dari Ibu Gubernur Khofifah bahwa keselamatan dan kesehatan jadi prioritas. Atlet, pelatih, ofisial dan yang terlibat lainnya tak boleh lengah atas bahaya COVID-19 sehingga harus diwaspadai," ucapnya.

Nabil juga memohon doa restu dari warga Jatim agar semua atlet yang berlaga nantinya tidak ada yang terpapar COVID-19 agar bisa ikut bertanding, sekaligus memberi penampilan terbaiknya.

"Harapan semuanya, jangan sampai persiapan selama empat tahun terakhir di Puslatda sia-sia karena atlet tak bisa bertanding dengan alasan kesehatan," tuturnya.

"Semua atlet harus benar-benar menjaga kesehatan agar bisa berjuang dan mencapai hasil maksimal pada PON Papua," kata Nabil menambahkan.

PON Papua akan diselenggarakan pada 2-15 Oktober 2021 di empat klaster, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke dan Mimika.

Setelah melalui tahap registrasi, jumlah atlet dari masing-masing KONI provinsi hanya berjumlah 6.144 orang, ditambah dengan atlet tuan rumah 922 orang, sehingga total keseluruhan mencapai 7.066 atlet.

Total terdapat 37 cabang olahraga, 56 disiplin cabang olahraga dan 679 nomor pertandingan.

Baca juga: Jawa Timur targetkan juara umum
Baca juga: KONI Jatim hanya dapat tambahan Rp50 miliar dari PAK 2021
Baca juga: KONI Jatim siapkan lebih dari 500 atlet untuk PON Papua

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021