60 persen narapidana Jatim telah ikuti vaksinasi COVID-19

60 persen narapidana Jatim telah ikuti vaksinasi COVID-19

Kepala Kanwilkumham Jatim Krismono memberikan bantuan sembako di Kecamatan Sukolilo, Surabaya. ANTARA/Indra.

Surabaya (ANTARA) - Sebanyak 60 persen dari sekitar 28 ribu narapidana di Jatim telah mengikuti pelaksanaan vaksinasi COVID-19, demikian dikatakan Kepala Kanwilkumham Jatim Krismono saat memberikan bantuan sosial kepada warga di wilayah Keputih, Surabaya, Selasa.

"Dari sekitar 28 ribu warga binaan pemasyarakatan atau narapidana di Jatim, sebanyak 60 persen di antara telah melakukan vaksinasi," katanya di Surabaya.

Ia mengatakan, vaksinasi yang dimaksud merupakan pemberian vaksinasi untuk tahap pertama.

"Memang ada sebagian lapas atau rutan yang sudah 100 persen memberikan vaksinasi kepada narapidana. Namun ada juga yang masih 50 persen," katanya.

Ia mengatakan, belum selesainya pemberian vaksin kepada narapidana tersebut salah satunya karena masih menunggu giliran dan juga pasokan vaksin.

"Saat ini masih berlangsung secara bertahap pemberian vaksinasi tersebut," katanya.

Selain memberikan vaksinasi kepada narapidana, kata dia, Kanwilkumham Jatim juga memberikan bantuan sembako kepada tujuh kelurahan di wilayah Surabaya.

Baca juga: 490 napi Lapas Narkotika Nusakambangan divaksin COVID-19

Baca juga: 13.800 napi di Jateng mulai divaksin


"Untuk tahap kedua ini, kami memberikan bantuan 500 paket sembako kepada tujuh kelurahan di Surabaya di antaranya Kelurahan Gayungan, Ketintang, Menanggal, Dukuh Menanggal, Kali Kepiting, Tambak Wedi dan juga Keputih," katanya.

Ia mengatakan, pemberian bantuan sembako tersebut dilakukan untuk membantu warga yang terpapar dan juga terdampak pandemi COVID-19 di wilayah tersebut.

"Seluruh wilayah Jawa Bali dibantu Kemenkumham berupa bantuan paket sembako kepada warga yang membutuhkan," katanya.

Sementara itu, Camat Sukolilo Amalia mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kanwilkumham Jatim atas bantuan yang sudah diberikan tersebut.

"Sebagai upaya mengatasi permasalahan COVID-19 di wilayah Sukolilo, kami sudah membuat enam rumah sehat yang bisa dimanfaatkan warga yang belum tertampung di dalam rumah sakit," tukasnya.

Baca juga: Ratusan WBP di Lapas Perempuan Bali ikuti vaksinasi tahap I dan II

Baca juga: Vaksinasi warga binaan di Rutan Salemba capai 97 persen
Pewarta : Indra Setiawan
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021