Pas denger sirine tadi saya langsung berhenti
Tangerang (ANTARA) - Puluhan pengendara baik roda dua maupun roda empat yang melintas di Jl Pemda Tigaraksa, Sukamulya, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten tepatnya di pertigaan lampu merah berhenti sejenak untuk sikap sempurna pada saat momentum peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pantauan di lapangan, Selasa, sebelum sirine penanda berbunyi aparat dari Kepolisian setempat mengimbau kepada pengguna jalan di kawasan itu untuk berhenti beraktivitas sejenak selama tiga menit.

"Bapak, Ibu izin untuk matikan kendaraannya dan berhenti sejenak. Kita akan memberikan penghormatan saat proklamasi kemerdekaan," ucap salah satu petugas yang berjaga di lokasi.

Kemudian, pada sekitar pukul 10.17 WIB saat detik-detik proklamasi dikumandangkan sirine yang ada di kendaraan patroli pun dibunyikan.

Para pengendara yang ada di lokasi pun sontak turun sejenak dan berdiri dengan sikap sempurna memberikan penghormatan, tidak ada bunyi mesin atau klakson pada momentum itu.

Sementara seorang warga yang melintas di jalan tersebut, Herman memutuskan untuk berhenti pada saat sirine berbunyi.

"Pas denger sirine tadi saya langsung berhenti, karena tau kalau saat itu pas detik-detik proklamasi kemerdekaan RI," katanya.

Sementara itu, warga lainnya yaitu Rizky Ferdian warga Kabupaten Tangerang mengaku puas bisa ikut merasakan momentum detik-detik proklamasi.

Pasalnya, selama ini dia hanya bisa ikut dalam momentum tersebut melalui siaran di televisi. "Saya berharap di HUT ke 76 ini Indonesia tetap bersatu dan bisa bangkit melawan pandemi COVID-19," kata dia.

Baca juga: Warga Samarinda ikut hormat bendera saat detik Proklamasi

Baca juga: Penuh khidmat dalam kesederhanaan upacara HUT Ke-76 RI di Papua Barat

Baca juga: Aparat TNI di Yapen gunakan perahu bagi bendera Merah Putih ke warga

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021