Jakarta (ANTARA) - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengumumkan sebanyak 316.554 peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) lolos seleksi administrasi.

"Jumlah total yang lolos administrasi untuk pelamar kualifikasi pendidikan non-SLTA sebanyak 35.878 orang dan pelamar untuk kualifikasi pendidikan SLTA  sebanyak 280.676 orang," kata Kepala Biro Kepegawaian Kemenkumham Sutrisno di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan kementerian yang dipimpin Yasona Laoly tersebut merupakan kementerian yang paling banyak dilamar masyarakat, yakni sebanyak 627.113 orang.

Dari 627.113 pelamar tersebut, kata dia, tidak seluruhnya mengunggah dokumen persyaratan sehingga dinyatakan tidak memenuhi persyaratan. Artinya, hanya 316.554 orang yang dinyatakan memenuhi syarat.

Baca juga: Kemenkumham belum terima pengaduan kecurangan penerimaan CPNS

"Pelamar yang tidak memenuhi syarat untuk kualifikasi pendidikan non-SLTA sebanyak 11.304 orang dan kualifikasi pendidikan SLTA  sebanyak 159.191 orang," ujar Sutrisno.

Pelamar yang tidak memenuhi persyaratan, kata dia, terkait dengan surat lamaran, akta kelahiran, KTP-el, surat pernyataan, dokumen akreditasi, ijazah, transkrip nilai, surat tanda registrasi tenaga kesehatan, pas foto, surat keterangan sehat, dokumen tidak asli, dan lain sebagainya.

Setelah dilakukan seleksi administrasi, verifikasi dokumen unggah CPNS, dan dokumen memenuhi syarat maka ditetapkan lulus seleksi administrasi yang selanjutnya bisa mencetak kartu ujian.

"Namun jika dokumen tidak memenuhi syarat bisa mengajukan keberatan atau sanggahan mulai 4 hingga 6 Agustus 2021," kata dia.

Baca juga: Kemenkumham imbau pelamar CPNS segera rampungkan syarat pendaftaran

Masa sanggah adalah kesempatan yang diberikan kepada pelamar untuk mengajukan keberatan terhadap hasil verifikasi yang disebabkan bukan karena kesalahan pelamar namun kesalahan dari verifikator instansi.

Perlu diingat, tegas dia, sanggahan ditujukan bukan untuk memperbaiki, mengubah, atau menambah informasi terhadap dokumen yang sudah diunggah.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kemenkumham Andap Budhi Revianto mengingatkan calon pelamar untuk membaca secara detail dan seksama terkait berbagai syarat dan ketentuan yang diperlukan di laman cpns.kemenkumham.go.id.

Baca juga: Kemenkumham resmi buka pendaftaran CPNS untuk formasi 4.558 orang

Hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari permasalahan dalam masa pendaftaran dan seleksi administrasi, termasuk menghindari calon peserta gugur dalam proses seleksi administrasi.

"Kita memberikan waktu sanggah kepada para pendaftar selama proses seleksi administrasi ini," ujarnya.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021