Ini salah satu hal dari daftar keinginan saya. Sekaligus saya ucapkan Dirgahayu Indonesia yang ke-76
Jakarta (ANTARA) - Masyarakat Indonesia di Amerika Serikat dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-76 RI bersepeda bersama-sama menyeberangi jembatan Golden Gate di kota San Francisco pada Sabtu (24/7).

Sebanyak seratus peserta dari beberapa kota besar di AS, seperti Houston, Los Angeles dan kota-kota di sekitar San Francisco, seperti Richmond, Palo Alto, West Covina, terlihat antusias dalam kegiatan gowes bersama yang diselenggarakan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di San Francisco.

Dengan semangat "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh" yang merupakan tema HUT ke-76 RI, para peserta dapat memilih rute 17 Agustus, yakni bersepeda dengan jarak 23 kilometer; atau rute Maju Tak Gentar yaitu bersepeda dengan jarak 50 kilometer menyusuri kota San Francisco, Sausalito dan Tiburon yang menanjak dan penuh tantangan.

Peserta rute 17 Agustus menyeberangi jembatan Golden Gate hingga kota Mill Valey dan kembali dengan ferry Sausalito menuju San Francisco.

Baca juga: KJRI San Francisco terus pantau kondisi 57 WNI di kapal Grand Princess

Sementara peserta rute Maju Tak Gentar menempuh jarak 50 kilometer dengan medan jalur sepeda yang melintasi perbukitan naik dan turun dengan hembusan angin kencang di sepanjang teluk.

Kegiatan bersepeda bersama itu diselenggarakan bekerja sama dengan komunitas Gowes Indo-SF dan Gowes Indo-AS. Gowes Merdeka merupakan acara olah raga besar sepeda pertama di AS yang diselenggarakan untuk masyarakat Indonesia dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI.

Kegiatan itu dibuka oleh Konsul Jenderal RI di San Francisco, Simon D.I. Soekarno dan Konsul Jenderal RI di Los Angeles, Saud P Krisnawan.

Melalui kegiatan tersebut, masyarakat dan diaspora di Indonesia diajak untuk selalu tangguh dan mendukung Indonesia untuk selalu tumbuh, khususnya di tengah pandemi COVID-19 saat ini yang penuh tantangan.

Masyarakat Indonesia di AS diharapkan dapat terus bersatu untuk memperkuat bangsa menjadi lebih tangguh dan dapat mendukung pembangunan Indonesia.

Konsul Jenderal RI di San Francisco, Simon D.I Soekarno menyampaikan apresiasi atas antusiasme dan semangat komunitas gowes Indonesia di AS, yang mencerminkan kekompakan masyarakat Indonesia di AS.

Selain untuk menyambut HUT ke-76 RI, acara itu juga dilakukan untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di antara masyarakat Indonesia.

Baca juga: Bendera Merah Putih berkibar di Balai Kota San Francisco

Konjen RI Simon D.I. Soekarno mengajak masyarakat dan diaspora Indonesia untuk bersama-sama melakukan kegiatan yang dapat mempromosikan Indonesia di Amerika Serikat.

Selain itu, sebagai bentuk kepedulian terhadap situasi di Indonesia, peserta juga diajak untuk mengulurkan tangan membantu penanganan COVID-19 di Indonesia melalui kegiatan penggalangan dana oleh komunitas gowes yang diselenggarakan pada Minggu (25/7).

Selama kegiatan berlangsung, meski situasi COVID-19 di Amerika Serikat sudah membaik, para peserta tetap diminta menerapkan protokol kesehatan, yakni mengenakan masker dan menjaga jarak.

Baca juga: Masyarakat Amerika bermain angklung di Indonesia "Cultural Night 2019"

Sepanjang rute bersepeda, peserta juga berkesempatan untuk mengunjungi beberapa ikon wisata di kota San Francisco, seperti Palace of Fine Arts dan jembatan Golden Gate.

Para peserta menikmati indahnya panorama sepanjang teluk San Francisco hingga Tiburon, mulai dari pemandangan alam hingga laut biru bagian barat pasifik.

"Ini pengalaman pertama saya menelusuri jembatan Golden Gate dengan sepeda, saya ingin ucapkan terima kasih kepada panitia KJRI San Francisco. Ini salah satu hal dari daftar keinginan saya. Sekaligus saya ucapkan Dirgahayu Indonesia yang ke-76," ungkap Bimo Hadiputro, WNI yang tinggal di Houston, Texas.

Kegiatan ditutup oleh Konjen RI San Francisco, Simon D.I Soekarno dengan pemberian piagam dan penganugerahan medali kepada peserta dan acara ramah tamah.

Baca juga: Antisipasi kekerasan anti Asia, KJRI bertemu masyarakat Indonesia
Baca juga: KJRI San Francisco selenggarakan bazar virtual kuliner Lebaran

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021