Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan polda dan polres seluruh Indonesia menggelar patroli skala besar penyaluran bantuan sosial (bansos) serentak mulai pukul 21.00 WIB malam ini.

"Kepada jajaran Polda dan Polres, pada pukul 21.00 WIB nanti agar melaksanakan kegiatan apel dan dilanjutkan patroli skala besar penyaluran bantuan sosial," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Jumat.

Baca juga: Kapolri salurkan bansos ke wilayah pinggiran Jakarta

Menurut Sigit, kegiatan patroli ini adalah upaya Polri mempercepat pendistribusian bantuan sosial dari pemerintah. Memberikan rasa aman dan ketenangan kepada masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

Sigit pun menekankan kepada jajaran Polda dan Polres agar penyaluran bansos diberikan kepada masyarakat yang ekonominya paling terdampak.

Menurut dia, penyerahan bansos yang disalurkan pemerintah melalui TNI-Polri bertujuan untuk membantu serta meringankan beban masyarakat di tengah pemberlakuan PPKM Level 4 saat ini.

"Semua upaya yang kami lakukan ini demi keselamatan masyarakat. Tentunya kita semua berharap laju pertumbuhan COVID-19 menurun, sehingga masyarakat bisa kembali beraktivitas. Semoga semua yang kami lakukan ini menjadi ladang amal ibadah untuk kita semua," ucap Sigit.

Dalam melaksanakan patroli, seluruh jajaran Polda diingatkan untuk mengedepankan pendekatan humanis kepada masyarakat.

"Lakukan pendistribusian bansos dan obat-obatan dengan metode proaktif dan reaktif sehingga dapat tepat sasaran," ujar Sigit.

Sigit meyakinkan masyarakat tidak khawatir dengan kehabisan kebutuhan makanan, apabila pasokan sembako telah habis, dapat melapor ke Babinsa maupun Bhabinkamtibmas yang ada di wilayah masing-masing.

Baca juga: Kapolri instruksikan penyaluran bansos PPKM Level 4 dipercepat

Baca juga: Kapolri pastikan penyaluran bansos PPKM darurat berjalan seluruh polda

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021