Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengingatkan semua pihak termasuk karyawan di lingkungan Kemenparekraf untuk senantiasa mematuhi aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali yang diberlakukan pemerintah pusat pada 3-20 Juli 2021.

"Pelaksanaan PPKM darurat ini bertujuan untuk mengendalikan angka penyebaran COVID-19 di Indonesia. “Dengan usaha dan doa, PPKM darurat ini dapat segera kita terapkan dengan baik dan berakhir serta pandemi bisa terkendali dengan baik,” kata Sandiaga dalam acara "Doa Umat untuk Bangsa Memohon Keselamatan Menghadapi Pandemi COVID-19" yang diselenggarakan bagi umat Islam, Jumat.

Baca juga: Sandiaga: Komedian bantu tingkatkan imunitas lewat hiburan

Baca juga: Menparekraf dorong lokasi wisata jadi sentra vaksinasi COVID-19


Sandiaga mengajak agar karyawan di lingkungan Kemenparekraf untuk memberikan kontribusi dan dukungan nyatanya terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan mematuhi anjuran pemerintah.

“Kita juga mengingatkan kepada pegawai dilingkungan Kemenparekraf harus memiliki empati karena banyak saudara kita yang mengalami kesulitan akibat pandemi,” katanya.

Kemudian, Sandiaga juga mengajak agar umat muslim di lingkungan Kemenparekraf untuk senantiasa mengirimkan doa agar pandemi COVID-19 segera berakhir.

“Mari kita juga selalu berdoa agar yang sakit diangkat penyakitnya dan kita bersama keluarga bisa kembali berjuang untuk menuju Indonesia yang sejahtera, adil, dan makmur. Teruntuk saudara-saudara kita yang sudah mendahului kita, mari kita doakan semoga seluruh amal ibadahnya diterima di tempat terbaik di sisi Allah SWT,” kata Sandiaga.

Acara ini diisi dengan tausiyah oleh Wakil Sekretaris Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH. Muhammad Zaitun Rasmin. Dalam sambutannya, Zaitun menyampaikan pandemi COVID-19 ini merupakan suatu ujian dalam kehidupan umat muslim.

“Untuk itu mari kita hadapi ujian ini dengan sabar dan tawakal. Serta mengikuti petunjuk-petunjuk yang disampaikan oleh ulama, cendikiawan, dan para pemangku kepentingan, dalam hal ini pemerintah,” ucap Zaitun.

Baca juga: Sandiaga Uno: desa wisata simbol kebangkitan ekonomi Indonesia

Baca juga: Menparekraf ajak akademisi dan dunia usaha berkolaborasi

Baca juga: Menparekraf: Desa wisata jadi lokomotif kebangkitan ekonomi nasional

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021