Moskow (ANTARA) - Ekonomi Rusia telah pulih dengan mantap dalam beberapa bulan terakhir, keuntungan bagi pihak berwenang menjelang pemilihan, tetapi lonjakan mendadak dalam kasus COVID-19 dan kebutuhan untuk menaikkan suku bunga untuk memerangi inflasi menjadi tantangan pertumbuhan lebih lanjut.

Setelah menyusut 3% pada 2020, kontraksi paling tajam dalam 11 tahun, ekonomi Rusia membaik berkat melambungnya permintaan konsumen dan harga minyak yang tinggi, ekspor utamanya, mendorong serangkaian peningkatan pada prospek ekonominya.

Bank sentral mengharapkan ekonomi tumbuh 3-4% tahun ini, meskipun tiga kenaikan suku bunga ditujukan untuk mengendalikan inflasi yang sangat tinggi. Tetapi kenaikan suku bunga keempat yang diharapkan, setidaknya 6% pada bulan Juli, dan prospek pinjaman yang lebih mahal dapat berdampak pada aktivitas bisnis.

Ekonomi mencapai tingkat prapandemi pada pertengahan tahun ini, ketika Rusia terpukul dari lonjakan baru kasus COVID-19 yang disalahkan pada varian Delta baru yang sangat menular.

"Fondasi sudah ada untuk pemulihan berlanjut di kuartal 3, tetapi gelombang virus terbaru dan kemungkinan pengetatan tindakan penahanan lebih lanjut merupakan ancaman utama," kata perusahaan riset Capital Economics dalam sebuah catatan. Setelah menawarkan vaksinasi gratis pada akhir 2020 dan hampir kembali ke kehidupan normal pada 2021, dengan kafe dan pusat kebugaran buka seperti biasa dan banyak orang yang bekerja dari kantor, Moskow melaporkan rekor peningkatan 9.120 harian dalam kasus COVID-19 pada 19 Juni.

Kota berpenduduk lebih dari 12 juta orang itu menanggapi dengan vaksinasi wajib untuk sekelompok besar warga. Model ini diadopsi oleh daerah lain yang juga memberlakukan pembatasan yang lebih luas, memicu ketidakpuasan publik yang luas menjelang pemilihan parlemen September.

Pada kuartal kedua tahun 2020, ketika penguncian dan pembatasan COVID-19 lainnya diberlakukan, pendapatan nyata di Rusia anjlok paling dalam dalam 20 tahun dan ekonomi menyusut 9,6%.

Ibu kota juga meluncurkan sistem kode QR: pelanggan kafe dan restoran harus menunjukkan kode QR yang menunjukkan bahwa mereka telah divaksinasi,  menunjukkan kekebalan atau baru-baru ini dites negatif, sebelum dilayani.

Pada hari kode QR mulai beroperasi, sebuah kafe Italia di pusat kota Moskow hanya melayani satu klien dengan kode sementara pesanan lainnya untuk pengiriman, dengan pendapatan turun menjadi sekitar seperenam dari tingkat sebelumnya, manajer kafe Olga mengatakan kepada Reuters.

Sementara antrean untuk pusat vaksinasi di seluruh Rusia telah meningkat baru-baru ini, banyak orang mencari cara untuk menghindari suntikan.

Larisa, 49, yang menjual sepatu di sebuah pusat perbelanjaan di pinggiran kota Moskow, mengatakan dia takut divaksin karena masalah ginjal. Pada awalnya, dia memutuskan untuk membeli sertifikat vaksinasi palsu tetapi setelah pihak berwenang mengancam akan menghukumnya dengan hukuman penjara, dia memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya.

"Kombinasi dari inflasi yang tinggi, kebijakan moneter dan fiskal yang ketat, di tengah situasi epidemiologis yang memburuk, risiko geopolitik yang masih tinggi, dan ancaman peningkatan penghindaran risiko dapat menghambat pemulihan ekonomi di paruh kedua 2021, terutama di segmen konsumen," kata BCS Brokerage.

Sumber: Reuters
Baca juga: Kasus COVID melonjak, Rusia mulai kampanye suntikan vaksin penguat
Baca juga: Uni Eropa setuju perpanjang sanksi ekonomi terhadap Rusia
Baca juga: IMF: Pemulihan Rusia Masih Rapuh

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021