Serang (ANTARA News) - Taman Bacaan "Rumah Dunia" bekerja sama dengan "Gong Publishing" menggelar aneka kegiatan literasi bernuansa religi sepanjang bulan Ramadhan 1431 H .

Pengelola TBM "Rumah Dunia" Heri Hendrayana Haris di Serang, Minggu mengatakan, kegiatan literasi bernuansa religi selama Ramadhan di gelar di Taman Rumah Dunia, Komplek Hegar Alam 40, Ciloang- Kota Serang, Banten.

"Sepanjang Bulan Ramadhan kegiatan di "Rumah Dunia" tetap dioptimalkan. Namun, lebih mengedepankan kegiatan literasi bernuansa keagamaan," kata Heri Hendrayana Haris atau lebih dikenal dengan nama pena Gol A Gong.

Ia mengatakan, agenda literasi bernuansa religi sepenjang Ramadhan tersebut meliputi pelatihan menulis novel biografi, komedi plesetan, klinik menulis novel serial, klinik puisi, cerita anak dan resensi novel bersama penulis-penulis Banten yang sudah ternama.

Acara yang bertema "Nyenyore Ala Rumah Dunia" tersebut digelar mulai Senin (16/8) hingga Minggu (29/8) pukul 16.00-17.30 WIB.

"Acara puncak `Nyenyore Ala Rumah Dunia` adalah peluncuran buku Banten Bangkit jilid dua pada 28 Agustus 2010 mendatang," kata Gol A Gong.

Ia mengatakan, berbeda dengan buku "Banten Bangkit" jilid pertama, buku Banten Bangkit dua merupakan karya empat penulis asal Pandeglang yaitu Abdul Malik, Abdul Hamid, Zainal Mutaqin, dan Rahmatullah.

Selain itu, pada pada 29 Agustus 2010 akan diselenggarakan kegiatan bedah buku "Tamasya ke Masjid" karya Jaya Komarudin Cholik dengan nara sumber Ustad Sudarman Lc.

Heri Hendrayana juga mengatakan, pada bulan Ramadhan minat masyarkat untuk membaca di taman bacaan mall (TBM@Mal) yang berlokasi di sebuah supermarket di Kota Serang juga meningkat dibanding hari-hari biasa, di luar bulan Ramadhan.

"Minat masyarakat membaca tetap bagus, malah meningkat meskipun pada bulan Ramadhan TBM@Mal dibuka agak siang," kata Heri Hendrayana Haris.
(M045/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010