Pekanbaru (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau menurunkan dua unit helikopter water bombing untuk melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), provinsi setempat.

"Kondisi terkini hotspot di Riau sebanyak 18 titik yang tersebar di beberapa daerah," kata Kepala BPBD Provinsi Riau M Edy Afrizal di Pekanbaru, Selasa.

Baca juga: Riau operasionalkan lima helikopter bersiaga atasi karhutla

Dia mengatakan sebaran 18 hotspot itu berada di Bengkalis 1 titik, Dumai 1 titik, Pelalawan 5 titik, Rokan Hulu 2 titik, Siak 5 titik, Indragiri Hilir 2 titik, dan Indragiri Hulu 2 titik.

"Itu baru hotspot, kalau yang firespot (titik api) terpantau di Kecamatan Bangko, Kabupaten Rohil. Kita sudah turunkan dua helikopter water bombing untuk pemadaman," kata Edy Afrizal.

Selain pemadaman lewat udara, katanya, tim gabungan Satgas Karhutla Darat yang meliputi TNI/Polri, BPBD, dan Manggala Agni juga turun ke lapangan.

"Tim Satgas di lapangan bergerak cepat melakukan pemadaman agar tidak meluas. Alhamdulillah kebakaran sudah dapat diatasi," katanya.

Baca juga: Cegah karhutla, KLHK resmikan operasional TMC di Riau

Baca juga: Asap karhutla turut perparah kondisi COVID-19

Pewarta: Frislidia
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021