Padang (ANTARA) - Lima orang generasi muda terbaik Sumatera Barat yang telah lulus seleksi ketat berkesempatan menyusuri titik-titik sejarah rempah di Indonesia menggunakan KRI Dewaruci dalam agenda Muhibah Budaya dan Festival Jalur Rempah 2021.

Kepala Disbud Sumbar, Gemala Ranti di Padang, Selasa merinci lima utusan itu masing-masing Nico Nofrialdo dari Kota Pariaman, M. Rizky dari Kabupaten Lima Puluh Kota. Kemudian tiga orang asal Pesisir Selatan yaitu Adhya Alfi Zikri, Bayu Dwi Aditya, dan Bella Yulianti.

"Kelimanya menyisihkan 83 peserta lain sejak tahap seleksi pendaftaran, administrasi, wawancara, tes fisik, renang, hingga tes kesehatan," kata Gemala.

Ia mengatakan jumlah pendaftar di Sumbar adalah yang terbanyak di Sumatera. Total 88 orang. Ini menandakan tingginya antusiasme Sumbar terhadap Festival Jalur Rempah 2021.

Baca juga: Kemendikbudristek gelar Muhibah Budaya dan Festival Jalur Rempah 2021

Tahapan berikutnya, kata Gemala, para peserta asal Sumbar akan bergabung dengan peserta dari seluruh Provinsi di Indonesia yang juga mengutus lima calon peserta terbaik masing-masing daerah.

Para peserta tersebut akan mendapatkan pembekalan pada bulan Juli, sebelum mengikuti pelayaran pada Agustus hingga September 2021.

“Total peserta seluruh Indonesia itu 170 orang. Setidaknya pelayaran Festival Jalur Rempah ini akan menyusuri tujuh titik rempah di Indonesia. Kita tentu berharap, agar peserta asal Sumbar dapat menjadi peserta terbaik dalam agenda muhibah budaya ini,” katanya.

Sementara itu untuk mempersiapkan pengetahuan aspek kebudayaan para peserta asal Sumbar tersebut, Gemala Ranti mengaku pihaknya akan memberikan pembekalan berupa materi-materi seputar kebudayaan Sumbar, terutama sekali yang berkait paut dengan sejarah rempah.

“Nanti ada bidang khusus yang akan mendampingi mereka dalam pembekalan ini,” katanya.

Sejak awal lima utusan tersebut telah digodok dalam proses seleksi yang dikawal tim Dinas Kebudayaan Sumbar diantaranya Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Gemala Ranti, Kepala BPNB Sumbar Undri, Kepala Bidang Sejarah, Adat, dan Nilai Tradisi Fadhli Junaidi, serta Kepala Seksi Adat Ridho Arifandi.***3***

Baca juga: Ditjen Kebudayaan gelar Muhibah Budaya dan Festival Jalur Rempah
Baca juga: Gubernur Aceh dukung penuh ekspedisi jalur rempah
Baca juga: Kalsel siap sambut peserta Pelayaran Muhibah dan Jalur Rempah

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021