mendapatkan kepastian waktu serta lokasi vaksinasi
Jakarta (ANTARA) - Warga DKI Jakarta bisa melakukan pendaftaran untuk vaksinasi COVID-19 bisa melalui aplikasi JAKI (Jakarta Kini) dan situs resmi Jakarta Tanggap COVID-19 pada www.corona.jakarta.go.id/vaksinasi.

Kepala Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Jakarta Smart City, Yudhistira Nugraha, di Jakarta, Jumat, mengatakan pendaftaran vaksinasi COVID-19 melalui aplikasi tersebut juga menjadi cara aman terlebih saat ini masih dalam suasana pandemi.

"Penjadwalan vaksinasi melalui JAKI dan situs  ini untuk mempermudah masyarakat yang ingin divaksin dan mendapatkan kepastian waktu serta lokasi vaksinasi. Tentunya, ini juga cara yang lebih aman, mengingat warga masih perlu mengurangi mobilitas pada masa pandemi," kata Yudhistira.

Yudhistira menambahkan selain melalui aplikasi dan situs itu, warga juga bisa mendaftar vaksinasi COVID-19 melalui pendataan oleh RT/RW dan sentra vaksinasi yang tersebar di masing-masing kecamatan wilayah.

Yudhistira mengatakan bagi warga yang melakukan pendaftaran vaksinasi melalui aplikasi JAKI tersebut, selanjutnya akan mendapat jadwal vaksinasi COVID-19.

Baca juga: Jakarta Smart City gandeng startup kembangkan fitur COVID-19

Kemudian, calon penerima vaksin akan diarahkan untuk melakukan "pre-screening" secara mandiri yang berisi beberapa pertanyaan seputar kondisi kesehatan calon penerima vaksin, untuk mengetahui apakah calon penerima vaksin dinyatakan aman atau tidak melakukan vaksinasi COVID-19.

“Kami akan terus berusaha, semoga ke depannya aplikasi JAKI dan situs Jakarta Tanggap COVID-19 ini menyediakan beragam fitur yang terus dikembangkan agar dapat menunjang kehidupan warga Jakarta,”ujar Yudhistira.

Berikut adalah langkah-langkah melakukan pendaftaran vaksinasi COVID-19 melalui aplikasi JAKI:
1. Buka aplikasi JAKI.
2. Pada bagian “Jakarta Tanggap Covid-19”, pilih Vaksinasi COVID-19. Atau klik banner “Cek Jadwal dan Daftar Vaksinasi COVID-19”.
3. Masukkan NIK dan nama lengkap.
4. Jika belum terdaftar, lakukan pendaftaran dengan klik tombol “Daftar Vaksinasi COVID-19”.
5. Isi identitas dan alamat dengan lengkap. Pilih kategori vaksinasi, dan tentukan jadwal vaksinasi. Jika sudah, klik “Selanjutnya”.
6. Tinjau formulir pendaftaran terlebih dahulu. Lalu, centang pernyataan. Jika sudah, klik “Kirim”.
7. Klik selesai.

Baca juga: Jakarta Smart City siapkan aplikasi "JaKi"

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021