Masyarakat, khususnya yang tinggal di perbukitan dan pegunungan, termasuk kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi cuaca buruk tersebut
Lebak, Banten (ANTARA) -
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten meminta masyarakat mewaspadai longsoran susulan sehubungan cuaca buruk di daerah ini masih berpeluang terjadi pada sore hingga malam hari.
 
"Beruntung, longsoran yang terjadi di Kecamatan Cipanas dan Sobang pada Minggu (13/6) tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian mencapai Rp200 jutaan " kata Pelaksana BPBD Lebak, Pebby Rizky Pratama, Selasa, di Banten..
 
Ia menegaskan peringatan kewaspadaan longsor susulan itu sangat memungkinkan terjadi, sebab potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir masih berlangsung berdasarkan laporan BMKG.
 
Masyarakat, khususnya yang tinggal di perbukitan dan pegunungan, termasuk kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi cuaca buruk tersebut.
 
"Kami minta warga tetap waspada menyusul cuaca buruk dan dikhawatirkan terjadi longsor susulan, " katanya.
 
Ia mengatakan longsor yang menimpa ruas jalan antardesa itu hingga kini masih dilakukan perbaikan oleh masyarakat setempat dan belum dilintasi kendaraan roda empat.
 
Namun, kata dia, sejauh ini roda perekonomian masyarakat relatif normal karena bisa dilintasi sepeda motor.
 
Longsoran ruas jalan yang menghubungkan antardesa panjang 50 meter dan tinggi 100 meter dan empat rumah nyaris roboh, sebab lokasi berada di perbukitan.
 
BPBD Lebak kini memetakan daerah longsor tersebar di 14 kecamatan antara lain Kecamatan Bayah, Sobang, Lebakgedong, Cigemblong, Bojongmanik, Cibeber, Muncang, Gunungkencana, Cipanas, Cileles, Cimarga, Cikulur, Leuwidamar dan Cilograng.
 
"Sebagian besar daerah rawan longsor itu berada di perbukitan dan pegunungan, termasuk kawasan TNGHS," katanya.
 
Ia menyebutkan pemetaan daerah rawan bencana longsor guna mengurangi risiko kebencanaan agar tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerusakan material cukup besar.
 
Selama ini, katanya, wilayah Kabupaten Lebak menjadi langganan bencana alam jika memasuki cuaca ekstrem yang ditandai hujan lebat disertai angin kencang dan petir.
 
"Kami mengutamakan keselamatan agar bencana tidak menimbulkan korban jiwa, " demikian Pebby Rizky Pratama.

Baca juga: Longsor di Lebak tutup jalan penghubung Banten-Jabar

Baca juga: BPBD Lebak kembali petakan 14 kecamatan rawan longsor

Baca juga: Jalan antardesa di Lebak tertimbun longsor

Baca juga: Banjir-longsor rusak rumah-infrastruktur, BPBD Lebak ajukan bantuan

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021