Terbukti negatif COVID-19, Llorente akan kembali ke skuad Spanyol

Terbukti negatif COVID-19, Llorente akan kembali ke skuad Spanyol

Defender timnas Spanyol Diego Llorente saat berlatih di El Molinon stadium, Gijon, Spanyol (7/9/2019). ANTARA/AFP/Miguel Riopa/aa. (AFP/MIGUEL RIOPA)

Jakarta (ANTARA) - Bek tim nasional (timnas) Spanyol, Diego Llorente telah menunjukkan hasil negatif untuk COVID-19 dan dapat segera bergabung dengan rekan setimnya bila ia terbukti negatif dalam dua tes lainnya dalam 24 jam ke depan.

Pemain Leeds United itu harus menjalani karantina ketika ia dinyatakan positif terpapar corona pada Rabu. Llorente adalah pemain timnas Spanyol kedua yang positif terinfeksi COVID-19 setelah kapten tim Sergio Busquets dari Barcelona.

Namun, tes kedua Llorente menunjukkan bahwa ia negatif yang membuatnya bisa kembali berlatih sebelum akhir pekan.

Baca juga: Diego Llorente pemain Spanyol kedua yang positif COVID-19

“Tes PCR yang dilakukan pada Rabu, 9 Juni, memiliki hasil negatif. Kontra-analisis dari tes yang sama telah mengonfirmasi hasilnya. Jadi, dalam kasus bek tersebut, ada indikasi serius bahwa (tes pertamanya) adalah positif palsu," kata federasi sepak bola Spanyol RFEF tentang Llorente, yang dikutip Goal pada Kamis.

“Dalam hal ini, sesuai dengan protokol kesehatan, pemain akan kembali menjalani tes PCR hari ini dan besok. Bila hasil negatif dikonfirmasi, Diego Llorente akan bergabung dengan pelatihan tim nasional pada Jumat sore."

Pelatih Spanyol, Luis Enrique mengatakan ia juga akan menunggu Busquets pulih dari COVID-19 dan tidak mencari penggantinya.

“Ia akan berada dalam skuad, pasti,” katanya pada konferensi pers.

Baca juga: Kapten tim terkena COVID-19, Spanyol panggil pemain tambahan

Berita tes negatif Llorente adalah dorongan tepat waktu untuk Spanyol setelah persiapan mereka untuk Euro 2020.

Meski pemain lainnya dinyatakan negatif, mereka telah menjalani karantina sejak Busquets dinyatakan positif, dengan enam pemain senior dan 11 dari skuat U21 dipanggil untuk berlatih dalam "gelembung paralel."

Hasil positif awal Llorente menimbulkan kekhawatiran penyebaran virus corona di antara pemain lainnya. Spanyol akan memulai pertandingan pertama mereka di Euro 2020 melawan Swedia pada Selasa (15/6).

Swedia juga menjalani masalah yang sama setelah dua pemain mereka, Dejan Kulusevski dan bek Mattias Svanberg dinyatakan positif awal pekan ini.

Baca juga: Skuad Spanyol akan divaksin jelang EURO 2020
Baca juga: Kasus COVID-19 skuad Spanyol mungkin bertambah, kata presiden RFEF
Pewarta : Hendri Sukma Indrawan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021