Washington (ANTARA) - Emma Coronel Aispuro, istri gembong narkotika Meksiko Joaquin "El Chapo" Guzman, diperkirakan akan mengaku bersalah minggu ini atas tuduhan membantu sang suami menjalankan kartel narkoba Sinaloa yang terkenal kejam, New York Times melaporkan, Selasa (8/6).

The Times, mengutip orang yang tidak disebutkan namanya yang mengetahui kasus tersebut, melaporkan bahwa Coronel akan muncul di Pengadilan Distrik Federal di Washington, Amerika Serikat, pada Kamis (10/6) pagi untuk mengajukan pembelaannya.

Perjanjian pembelaannya tidak akan mengharuskan dia untuk bekerja sama dengan pihak berwenang AS atau memberikan informasi tentang sekutu suaminya, mitra bisnis, atau kerabat, Times melaporkan.

Reuters belum dapat mengonfirmasi laporan tersebut. Seorang juru bicara Departemen Kehakiman AS menolak berkomentar, sementara Penegak Hukum Narkoba (DEA) juga belum berkomentar. Pengacara Coronel tidak menanggapi permintaan komentar.

Coronel, mantan ratu kecantikan berusia 31 tahun, ditangkap di Bandara Internasional Dulles Washington pada Februari.

Jaksa menuduhnya bersekongkol dengan El Chapo dalam menjalankan kartel narkoba serta terlibat dalam konspirasi menghebohkan --ketika suaminya itu pada Juli 2015 kabur dari penjara Altiplano Meksiko melalui terowongan sepanjang sekitar 1,6 kilometer yang digali dari selnya.

Setelah persidangan, yang menjadi sorotan, bergulir  di pengadilan federal di Brooklyn, New York, Guzman, 63 tahun, dinyatakan bersalah pada Februari 2019 dalam mendalangi perusahaan obat bernilai miliaran dolar AS. Dia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup ditambah 30 tahun dan dibui di penjara federal Supermax di Florence, Colorado.

Coronel, warga negara ganda AS-Meksiko, menikahi Guzman pada 2007 pada usia 18 tahun. Pasangan itu memiliki putri kembar.

Pada 2019, Coronel meluncurkan merek pakaian di Amerika Serikat dan dia juga muncul di reality show AS tentang keluarga mafia.

Sumber: Reuters

Baca juga: AS tangkap istri bos kartel Meksiko El Chapo terkait narkoba

Baca juga: Putri gembong narkoba Meksiko luncurkan bir dengan merk sang ayah

Baca juga: Meksiko ekstradisi gembong narkoba "El Chapo" ke AS


 

Bos Mafia Terbunuh Di Meksiko

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2021