Salah satu inovasi terbaru yang dihadirkan BRI untuk masyarakat di era digital saat ini, adalah menyediakan layanan pembukaan rekening secara digital
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Malang berupaya untuk terus meningkatkan layanan, salah satunya dengan mendorong pembukaan rekening baru oleh calon nasabah secara digital.

Pemimpin Wilayah BRI Kanwil Malang Prasetya Sayekti mengatakan pembukaan rekening secara digital bagi calon nasabah baru tersebut, merupakan salah satu inovasi yang dihadirkan oleh BRI di era digital seperti saat ini.

"Salah satu inovasi terbaru yang dihadirkan BRI untuk masyarakat di era digital saat ini, adalah menyediakan layanan pembukaan rekening secara digital," kata Prasetya, di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat.

Prasetya menjelaskan pembukaan rekening bank baru melalui sistem digital tersebut, dinilai memberikan kemudahan bagi para calon nasabah baru. Para calon nasabah itu, tidak perlu datang ke kantor-kantor cabang untuk mendapatkan layanan pembukaan rekening baru.

Menurut Prasetya, pembukaan rekening secara digital tersebut, bisa diakses calon nasabah melalui laman bukarekening.bri.co.id melalui telepon pintar. Layanan pembukaan rekening baru tersebut, juga dilengkapi dengan teknologi pengenalan wajah, dan tanda tangan digital.

"Layanan ini dimungkinkan untuk melakukan pembukaan rekening dengan teknologi face recognition, dan digital signature. Sehingga bisa dilakukan kapan, dan dimana saja tanpa batasan waktu," ujar Prasetya.

Proses pembukaan rekening BRI secara digital tersebut dinilai cukup mudah. Para calon nasabah perlu menyiapkan dokumen berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan atau Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Kemudian melakukan verifikasi diri dengan cara merekam video untuk proses verifikasi. Setelah itu mengaktifkan rekening baru dengan melakukan setoran awal, dan terakhir membuat akun BRIMO atau internet banking BRI.

"Untuk membuka rekening BRI secara digital, hanya memerlukan empat langkah saja. Ini akan memberikan kemudahan untuk calon nasabah kami," ujar Prasetya.

Tercatat mulai 1 April hingga 28 Mei 2021, di wilayah kerja BRI Kanwil Malang yang mencakup 24 cabang dan tersebar di wilayah Jawa Timur, mulai dari Banyuwangi, hingga Pacitan tersebut, sudah ada sebanyak 2.114 nasabah baru yang melakukan pembukaan rekening secara digital.

Diharapkan dengan adanya pembukaan rekening berbasis digital atau digital saving tersebut, bisa menjadi solusi transaksi keuangan, dengan pola adaptasi, dan transaksi individu nasabah BRI, khususnya para milenial.

Baca juga: Kemudahan transaksi perbankan jadi kunci agen BRILink berkembang

Baca juga: BRI: Total aset Rp1.411,05 triliun kuartal I 2021, naik 3,83 persen


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021