Forum Zakat perkuat kolaborasi pemberdayaan masyarakat

Forum Zakat perkuat kolaborasi pemberdayaan masyarakat

Pembukaan Musyawarah Nasional 9 Forum Zakat, di Kota Batu, Jawa Timur, Kamis (3/6/2021). ANTARA/Vicki Febrianto/pri.

Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Forum Zakat yang merupakan Asosiasi Gerakan Zakat Indonesia, memperkuat komitmen kolaborasi pemberdayaan masyarakat, yang merupakan salah satu upaya untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia.

Ketua Umum Forum Zakat Bambang Suherman mengatakan selama periode 2018-2021, Forum Zakat telah melakukan berbagai upaya untuk mendukung agenda pembangunan nasional, khususnya pada isu pengentasan kemiskinan.

"Yang kami lakukan adalah menguatkan peningkatan kompetensi, dan kapasitas amil zakat, serta pendampingan kelembagaan Organisasi Pengelola Zakat (OPZ)," kata Bambang, dalam Musyawarah Nasional ke-9 Forum Zakat, di Kota Batu, Jawa Timur, Kamis.

Peningkatan kompetensi, dan kapasitas amil zakat tersebut, kata Bambang, merupakan langkah untuk memastikan program pemberdayaan masyarakat yang dibuat, berorientasi pada upaya pengentasan kemiskinan di Indonesia.

Baca juga: Wapres ingatkan tiga tantangan pengelolaan zakat di Indonesia

Baca juga: FOZ dorong agar korban di Palestina mendapat penanganan psikososial


Dia menambahkan, dana zakat, infaq, dan sedekah yang dikelola oleh Organisasi Pengelola Zakat tersebut, disalurkan dalam berbagai macam bentuk program pemberdayaan masyarakat miskin.

Beberapa program yang dilakukan oleh Organisasi Pengelola Zakat tersebut, meliputi berbagai sektor, diantaranya ekonomi, pendidikan, kesehatan, termasuk pada sektor sosial kemanusiaan. Program tersebut, sesuai dengan agenda pembangunan nasional.

"Sebagai asosiasi Organisasi Pengelola Zakat, Forum Zakat akan terus meningkatkan peran, dan kontribusi dalam mendukung agenda pembangunan nasional," kata Bambang.

Dalam upaya untuk menguatkan komitmen kolaborasi pemberdayaan masyarakat tersebut, juga perlu adanya kolaborasi, dan integrasi program antar pihak, seperti antara negara dengan para pegiat sektor zakat.

"Kami juga berupaya menciptakan ekosistem gerakan zakat, yang mendorong lahirnya banyak kolaborasi pemberdayaan masyarakat, antar Organisasi Pengelola Zakat, di berbagai daerah," kata Bambang.

Pada Munas ke-9 dengan tema Menguatkan Komitmen Kolaborasi Pemberdayaan Masyarakat, tersebut, diharapkan juga menjadi momentum untuk memperkuat peran Organisasi Pengelola Zakat, serta kolaborasi dengan pemerintah.

"Hal ini dilakukan dalam upaya mencapai agenda pembangunan yang berkelanjutan," kata Bambang.

Forum Zakat merupakan asosiasi organisasi pengelola zakat se-Indonesia yang berdiri sejak 1997. Hingga hari ini, Forum Zakat memiliki 166 Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) sebagai anggota yang tersebar di berbagai daerah.

Forum Zakat fokus mendorong optimalisasi dana zakat, agar memberikan dampak yang konkrit bagi masyarakat, melalui program sosial maupun pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan, dan sejalan dengan agenda pembangunan nasional.*

Baca juga: World Zakat Forum ajak seluruh pihak berdonasi bantu warga Palestina

Baca juga: Forum Zakat gagas revisi UU 23/2011 tentang Pengelolaan Zakat

Pewarta : Vicki Febrianto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021