Kemarin, sinyal pemulihan menguat hingga soal nasib karyawan Garuda

Kemarin, sinyal pemulihan menguat hingga soal nasib karyawan Garuda

Erick Thohir: Garuda Indonesia akan fokus pada penerbangan domestik

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak lima berita ekonomi yang disiarkan Kantor Berita ANTARA pada Rabu(2/6) telah menarik perhatian pembaca, mulai pemerintah meyakini sinyal pemulihan ekonomi semakin menguat pada triwulan II-2021 yang tercermin dari beberapa indikator perekonomian, hingga Menteri BUMN Erick Thohir akan mempertahankan ribuan karyawan Garuda Indonesia di tengah tekanan masalah finansial maskapai plat merah tersebut.

Berikut rangkuman lima berita tersebut beserta tautan untuk membaca berita selengkapnya

PEMERINTAH YAKINI SINYAL PEMULIHAN EKONOMI MENGUAT

Pemerintah meyakini sinyal pemulihan ekonomi semakin menguat pada triwulan II-2021 yang tercermin dari beberapa indikator perekonomian.

Pemulihan kepercayaan masyarakat yang mendorong perbaikan permintaan domestik terus direspon positif oleh industri dengan meningkatkan aktivitas produksinya, tercermin dari PMI Manufaktur yang terus meningkat ke level 55,3 di Mei 2021, naik dari posisi 54,6 pada April 2021, dan mencatat rekor survei tertinggi baru selama tiga bulan berturut-turut, kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Data bulanan PMI dari IHS Markit menunjukkan bahwa PMI Indonesia jauh lebih tinggi dibandingkan negara-negara lain yang diukur oleh IHS Markit, yakni berada di atas 50,0 atau di level ekspansi yang menunjukkan perbaikan atau peningkatan dari bulan sebelumnya. Indonesia mencapai yang tertinggi yaitu 55,3, disusul Korea Selatan (53,7), kemudian Vietnam (53,1) dan Jepang (53,0).

Baca di sini

ERICK THOHIR: GARUDA INDONESIA AKAN FOKUS PADA PENERBANGAN DOMESTIK

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Garuda Indonesia akan fokus pada bisnis penerbangan domestik dengan melayani perjalanan masyarakat antarpulau di Tanah Air.

"Indonesia ini negara kepulauan, jadi tidak mungkin orang Indonesia menuju pulau lain pakai kereta, pilihannya ada dua yaitu kapal laut atau penerbangan. Garuda dan Citilink akan fokus kepada pasar domestik, bukan pasar internasional," kata Menteri Erick Thohir di Jakarta, Rabu.

Erick Thohir merujuk database Garuda Indonesia yang didominasi penumpang tujuan daerah sebanyak 78 persen dengan pendapatan mencapai Rp1.400 triliun. Sementara jumlah penumpang tujuan luar negeri tercatat hanya 22 persen dengan perolehan Rp300 triliun.

Baca di sini

PENYALURAN KREDIT MOBIL BCA TEMBUS RP5 TRILIUN DALAM SEBULAN

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengungkap penyaluran kredit kendaraan bank itu bisa mencapai Rp5 triliun dalam sebulan, berkat diadakan virtual expo yang mempertemukan diler dengan konsumen.

"Kalau kita tidak mempertemukan para konsumer dengan diler mobil atau developer rumah secara virtual, tidak akan terjadi penjualan. Tapi begitu ada virtual expo dalam satu bulan luar biasa dampaknya," kata Jahja Setiaatmadja dalam webinar digitalisasi UMKM dan sistem pembayaran 2025 yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Jahja mengungkapkan sebelum pandemi COVID-19 BCA bisa menyalurkan kredit mobil baru dengan nilai mencapai Rp2,5 triliun dalam satu bulan. Saat awal pandemi COVID-19 di Indonesia yaitu pada April 2020 penyaluran kredit anjlok hingga menjadi Rp90 miliar dalam satu bulan.

Baca di sini

PEMERINTAH TARGET 30 JUTA UMKM MASUK EKOSISTEM DIGITAL 2024

Pemerintah menargetkan sebanyak 30 juta UMKM masuk ke dalam ekosistem digital pada tahun 2024 dalam upaya memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia, kata Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM Fiki Satari.

Fiki saat membacakan sambutan mewakili Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam webinar tentang digitalisasi UMKM dipantau di Jakarta, Rabu, mengatakan saat ini sebanyak 12,5 juta UMKM atau setara 19 persen dari total pelaku UMKM telah masuk ke dalam ekosistem digital.

Artinya, untuk memenuhi target pada 2024 diperlukan 17,5 juta UMKM yang harus didorong untuk masuk ke dalam ekosistem digital dalam tiga tahun ke depan. Sebagai gambaran pertambahan UMKM yang masuk dalam ekosistem digital, pada Januari 2020 sebanyak 8 juta atau 13 persen dari UMKM yang masuk ekosistem digital bertambah menjadi 12,5 juta pada 2021.

Baca di sini

ERICK THOHIR JANJI PERTAHANKAN RIBUAN KARYAWAN GARUDA INDONESIA

PT Garuda Indonesia menawarkan program pensiun dini untuk para karyawannya hingga 19 Juni 2021 demi menyelamatkan keuangan perusahaan yang tertekan akibat rugi dan utang.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan akan mempertahankan ribuan karyawan Garuda Indonesia agar tetap berada di perusahaan maskapai pelat merah tersebut.

"Dari hasil laporan yang saya dapatkan bahwa kami tetap mempertahankan 1.300 pilot dan awak kabin, serta 2.300 pegawai," kata Menteri BUMN Erick Thohir di Jakarta, Rabu.

Baca di sini

Pewarta : Indra Arief Pribadi
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021