Surabaya (ANTARA News) - Perusahaan galangan kapal PT Dok dan Perkapalan Surabaya mengawali tahap pembangunan Galangan Brondong Lamongan, Jawa Timur, pada September 2010 karena banyaknya permintaan pembangunan kapal di wilayah ini.

"Kami perkirakan pembangunan Galangan Brondong pada September akhir ini. Untuk saat ini kami masih menyiapkan beberapa dokumen," kata Direktur Utama PT Dok dan Perkapalan Surabaya (DPS) M. Firmansyah, di Surabaya, Senin.

Menurutnya, pembangunan Galangan Brondong sekaligus sebagai upaya mencapai target pertumbuhan pendapatan tahun ini antara 10 persen hingga 15 persen dibandingkan realisasi tahun sebelumnya.

"Galangan di Kabupaten Lamongan ini kami fokuskan untuk membangun kapal jenis tanker minyak dan gas. Apalagi, potensi pasar galangan kapal di sini sangat bagus dan kami tidak ingin membuang peluang ini," ujarnya.

Ia memprediksi, kebutuhan kapal baru dan reparasi kapal lama di daerah ini sangat besar, menyusul telah ditetapkannya Kabupaten Lamongan dan sekitarnya oleh pemerintah sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) industri maritim.(*)

ANT/C004/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010