Jakarta (ANTARA) - PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkuat pengembangan motorsports melalui platform virtual dengan hadirkan kompetisi e-Motorsports Toyota Gazoo Racing GT Cup 2021 di Indonesia.

Untuk mengikuti kompetisi itu, peserta dapat mendaftarkan diri melalui microsite www.gazooracinggtcup.id mulai dari tanggal 1 Juni 2021.

"Toyota Gazoo Racing GT Cup 2021 merupakan kompetisi e-Motorsports Toyota Global yang juga kami hadirkan di Indonesia untuk mengembangkan serta mempopulerkan motorsports melalui platform virtual yang bekerja sama dengan IMI (Ikatan Motor Indonesia) sebagai organisasi induk olahraga bermotor Indonesia," kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy dalam siaran pers, Selasa.

"Kompetisi itu diharapkan menjadi wadah seluruh masyarakat Indonesia yang memiliki minat terhadap e-Sports, khususnya e-Motorsports untuk unjuk kemampuan yang sekaligus membuka peluang untuk tampil di ajang global," kata Anton.

Toyota Gazoo Racing GT Cup 2021 dapat diikuti seluruh masyarakat Indonesia dengan usia 18–30 tahun. Peserta akan mengikuti kompetisi secara online menggunakan gaming simulator maupun gaming console Playstation 4 (PS4).

Setelah melakukan pendaftaran maka selanjutnya peserta akan berkompetisi di babak kualifikasi. Dari hasil kualifikasi akan terpilih 20 pemenang yang dibagi dalam dua kelas, yaitu Rookie untuk 10 peserta dan Rising Star untuk 10 peserta.

Peserta yang menang kompetisi nasional hingga babak final akan melaju ke kompetisi tingkat regional di bulan Oktober 2021, dan jika menang lagi maka berpeluang melaju ke kompetisi tingkat global pada Desember 2021.

Untuk masuk dalam kompetisi global, peserta harus menjadi pemenang regional dan diwajibkan mengikuti setidaknya 4 kualifikasi global yaitu Round 3 Global Qualification pada 30 Mei, Round 4 Global Qualification pada 6 Juni 2021, Round 5 Global Qualification pada 4 Juli, Round 6 Global Qualification pada 18 Juli, dan Round 7 Global Qualification pada 22 Agustus 2021.

"Melibatkan e-Motorsports sebagai salah satu pilar kegiatan TOYOTA GAZOO Racing, kami berupaya membuat olahraga bermotor dan mobil sport lebih mudah diakses dan dinikmati oleh lintas generasi di seluruh dunia. Sehingga berbagai macam temuan yang diperoleh melalui e-Motorsports dapat digunakan untuk menghadirkan "ever better cars" kepada pelanggan di masa depan,” kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Fumitaka Kawashima.


Baca juga: Pebalap Toyota Indonesia berhasil finis di Gazoo Racing 2017

Baca juga: Toyota akan meluncurkan GR Supra GT Cup di PlayStation4

Baca juga: Indonesia pastikan ikuti FIA Motorsport Games
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021