Ajax tutup musim dengan kemenangan di markas Vitesse

Ajax tutup musim dengan kemenangan di markas Vitesse

Bek Ajax Lisandro Martinez merayakan golnya ke gawang Vitesse Arnhem dalam laga pekan pemungkas Liga Belanda di Stadion GelreDome, Arnhem, Belanda, Minggu (16/5/2021). ANTARA/REUTERS/SIPA USA/PRO SHOTS.

Jakarta (ANTARA) - Ajax menutup musim Liga Belanda mereka dengan memetik kemenangan 3-1 di markas Vitesse Arnhem dalam laga pekan pemungkas di Stadion GelreDome, Minggu.

Sang juara meraih kemenangan berkat gol-gol Sebastien Haller, Antony Matheus dan Lisandro Martinez, yang hanya bisa dibalas sekali oleh Vitesse lewat Lois Openda.

Ajax mengakhiri musim gemilang mereka dengan raihan 88 poin di puncak klasemen bertabur dwigelar Liga Belanda dan Piala KNVB Beker.

Sedangkan Vitesse (61) tetap finis di peringkat keempat meraih tiket babak kualifikasi ketiga Liga Conference, kompetisi kasta ketiga UEFA yang mulai bergulir musim depan, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Baca juga: Ajax sulap trofi Liga Belanda jadi cendera mata untuk suporter

Tim besutan Erik ten Hag sukses membuka keunggulan pada menit ke-12 saat umpan Jurgen Ekkelenkamp diselsaikan dengan sempurna oleh Haller dari tengah kotak penalti.

Keunggulan itu nyaris digandakan tujuh menit kemudian oleh Mohammed Kudus, sayang tembakannya masih membentur tiang gawang.

Sebaliknya upaya Vitesse membalas lewat Maximilian Wittek pada menit ke-24 masih bisa diamankan oleh kiper Maarten Stekelenburg.

Setelah banyak peluang berlalu, Ajax akhirnya sukses menggandakan keunggulan mereka lewat sambaran Antony atas bola muntah hasil tembakan Haller yang gagal diantisipasi sempurna oleh kiper Remko Pasveer.

Gol itu langsung dijawab instan semenit berselang oleh Vitesse lewat tembakan sudut sempit Openda yang cukup menaklukkan Stekelenburg dan menutup babak pertama dengan skor 1-2 dari Ajax.

Baca juga: Ajax kirim VVV Venlo terdegradasi bersama ADO Den Haag
Baca juga: Vitesse pastikan tiket Liga Conference setelah Feyenoord terpeleset


Sayangnya, Vitesse tetap memasuki babak kedua dalam keadaan tertekan dari Ajax.

Hingga akhirnya pada menit ke-75, Martinez memanfaatkan situasi sepak pojok untuk menjebol gawang tuan rumah sekaligus merestorasi keunggulan Ajax 3-1.

Skor 3-1 bertahan hingga bubaran, memastikan Ajax menutup musim mereka dengan kemenangan meyakinkan sebagai tim paling sukses di Liga Belanda bersematkan 35 gelar juara.

Baca juga: Sparta kunci tempat terakhir playoff perebutan tiket Liga Conference
Baca juga: Willem bertahan di Liga Belanda, Emmen ikut playoff promosi-degradasi
Baca juga: PSV raih tiket Liga Champions walau cuma imbang, AZ ke Liga Europa
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021