KNVB selidiki dugaan tawaran insentif dari Emmen untuk Fortuna Sittard

KNVB selidiki dugaan tawaran insentif dari Emmen untuk Fortuna Sittard

Ilustrasi - Logo klub Liga Belanda Emmen, yang diselidiki oleh KNVB atas dugaan pengajuan tawaran insentif kepada Fortuna Sittard. ANTARA/Gilang Galiartha.

Jakarta (ANTARA) - Badan sepak bola Belanda, KNVB, menyelidiki dugaan tawaran insentif premium yang diajukan Emmen kepada Fortuna Sittard dengan asumsi bantuan keuntungan dalam Liga Belanda.

Seturut laporan ESPN pada Minggu, pihak Fortuna sudah mengajukan laporan kepada KNVB atas tawaran insentif yang ditawarkan oleh Emmen.

"Fortuna sudah melapor kepada kami. Menawarkan maupun menerima insentif premium merupakan tindakan terlarang. Penyidik independen akan mulai melakukan penyelidikan besok," demikian juru bicara KNVB.

Emmen masih terlibat persaingan menghindari ancaman finis di urutan ke-16 atau zona playoff promosi-degradasi bersama Willem II hingga pekan pemungkas Liga Belanda yang berlangsung serempak Minggu malam ini.

Willem akan menjadi lawan Fortuna dalam laga pemungkas, sementara Emmen menghadapi VVV Venlo yang sudah dipastikan terdegradasi secara otomatis.

Baca juga: Jadwal Liga Belanda: apa saja yang diperebutkan di pekan pemungkas?

Emmen berada di posisi ke-16 dengan 29 poin satu strip dan satu poin persis di bawah Willem.

Emmen bisa naik ke posisi ke-15 apabila menang melawan VVV dan di waktu bersamaan Willem gagal meraih tiga poin penuh kontra Fortuna.

Emmen belum bisa dijatuhi hukuman saat ini, karena belum ada kesepakatan dengan Fortuna.

Sementara itu Ketua Emmen, Ronald Lubbers, membantah bahwa pihaknya dengan Fortuna telah melakukan kesepakatan apapun terkait tawaran insentif premium tersebut.

Baca juga: Vitesse pastikan tiket Liga Conference setelah Feyenoord terpeleset
Baca juga: PSV kunci tiket Liga Champions lantaran AZ gagal menang


Sementara juru bicara Fortuna menegaskan bahwa timnya juga pada dasarnya sudah membidik kemenangan kontra Willem, guna membuka kesempatan masuk ke zona playoff perebutan tiket kualifikasi babak kedua Liga Conference.

Di masa lalu, perjanjian insentif premium maupun tawaran sponsor kerap dilakukan antarklub sebagai motivasi untuk meraih hasil yang menguntungkan satu sama lain.

Hal itu direspon KNVB dengan memasukkan regulasi larangan tawaran uang maupun layanan-layanan yang bisa dinilai dengan uang lewat dalam aturan mereka.

Baca juga: Ajax kirim VVV Venlo terdegradasi bersama ADO Den Haag
Baca juga: Ajax sulap trofi Liga Belanda jadi cendera mata untuk suporter
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021