Cegah COVID, Kebun Raya Bogor sediakan tes GeNose bagi pengunjung

Cegah COVID, Kebun Raya Bogor sediakan tes GeNose bagi pengunjung

Pengunjung Kebun Raya Bogor pada hari kedua Lebaran atau Jumat (14/5/2021). ANTARA/HO-KRB.

Bogor (ANTARA) - Pengelola Kebun Raya Bogor (KRB), Bogor, Jawa Barat, menyediakan layanan tes GeNose bagi para pengunjung pada libur Lebaran 2021 untuk pencegahan penularan COVID-19 sekaligus memberikan rasa aman.

General Manager KRB Marga Anggrianto di Kota Bogor, Sabtu, tes GeNose diberlakukan bagi pengunjung yang datang tapi tidak membawa hasil tes cepat antigen dengan hasil negatif.

"Pengunjung yang tidak membawa hasil tes rapid antigen dengan hasil negatis, dilakukan tes GeNose dengan biaya Rp30.000 per orang. Jika hasilnya negatif, dipersilakan memasuki KRB," katanya.

Menurut Marga, pengunjung yang datang ke KRB harus mematuhi protokol kesehatan, dengan memakai masker, menjaga jarak fisik, dan membawa hand sanitizer.

Baca juga: Kebun Raya Bogor dukung pemerintah batasi pengunjung, cegah COVID-19

KRB sebagai destinasi wisata konservasi tumbuhan eks situ, menyiapkan fasilitas protokol kesehatan, seperti pemeriksaan temperatur tubuh pada saat pengunjung di pintu masuk KRB, serta meningkatkan pengawasan protokol kesehatan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung.

Khusus pada libur Lebaran pada 12-16 Mei 2021, pengelola KRB menambah petugas yang bertugas keliling kebun untuk mengawasi pengunjung, apakah ada kerumunan atau tidak.

"Kalau ada kerumunan pengunjung, diminta untuk dipecah atau dibuat berjarak, agar tidak ada kerumunan yang padat," katanya.

Menurut Marga, tim keliling yang bertugas sebagai Satgas COVID-19 mengawasi pengunjung agar selalu disiplin prokes menerapkan protokol kesehatan.

Di sisi lain, kata dia, para pegawai KRB telah menjalani vaksinasi COVID-19 dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, tujuannya untuk meminimalisir kemungkinan penularan COVID-19.

General Manager Corporate Communication PT Mitra Natura Raya Zainal Arifin menambahkan KRB mendukung kebijakan pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19, yakni menerapkan protokol kesehatan dan pembatasan jumlah pengunjung maksimal 50 persen dari kapasitas.

KRB yang terbuka untuk pengunjung dari Kota Bogor pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB, tercatat jumlah pengunjungnya pada hari kedua Lebaran atau Jumat (14/5/2021) mencapai 4.558 orang.

Baca juga: Menteri PUPR tekankan kualitas penataan Taman Anggrek Kebun Raya Bogor
Baca juga: Wajib perlihatkan hasil tes, pengunjung Kebun Raya Bogor menurun
Pewarta : Riza Harahap
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021