Ajax kirim VVV Venlo terdegradasi bersama ADO Den Haag

Ajax kirim VVV Venlo terdegradasi bersama ADO Den Haag

Gelandang Ajax Mohamed Kudus merayakan golnya ke gawang VVV Venlo dalam lanjutan Liga Belanda di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Belanda, Kamis (13/5/2021). ANTARA/REUTERS/SIPA USA/PRO SHOTS.

Jakarta (ANTARA) - Ajax mengirim VVV Venlo terdegradasi dari Eredivisie Liga Belanda seusai mengalahkan tamunya itu dalam laga pekan ke-33, bersama dengan tim juru kunci ADO Den Haag yang juga kalah di pertandingan lainnya.

Menjamu VVV di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Kamis, Ajax tidak mengendurkan permainan mereka kendati sudah menjadi juara akhir pekan lalu.

Tim besutan Erik ten Hag itu menang 3-1 atas VVV kendati harus menuntaskan pertandingan hanya dengan 10 pemain sejak menit ke-54.

Talenta muda Devyne Rensch terus menunjukkan performa apik ketika membuka keunggulan Ajax pada menit ke-10 dan skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Pada menit ke-54 Ajax harus kehilangan satu pemain setelah VAR menaikkan hukuman Kenneth Taylor yang melanggar Danny Post dari kartu kuning menjadi kartu merah.

Situasi 10 lawan 11 tak menghentikan Ajax untuk menambah keunggulan tiga menit berselang lewat sepakan Sebastien Haller dari tengah kotak penalti.

Pemimpin daftar top skor Liga Belanda, Georgios Giakoumakis, sempat memperkecil ketertinggalan VVV saat menambah pundi-pundi golnya musim ini jadi 26 buah pada menit ke-76.

Namun semenit kemudian Ajax langsung menjawab lewat sepakan jarak jauh Mohamed Kudus yang merestorasi marjin keunggulan dua gol dan skor 3-1 bertahan sampai bubaran.

Baca juga: Dusan Tadic tegaskan Ajax masih lapar raih banyak gelar
Baca juga: Ajax sulap trofi Liga Belanda jadi cendera mata untuk suporter


Dalam pertandingan lainnya yang berlangsung di Stadion Carl Jeans, tuan rumah ADO bertekuk lutut menelan kekalahan 1-4 dari Willem II.

Vangelis Pavlidis melesakkan dua gol ke gawang ADO yang diikuti assistnya untuk gol yang dicetak Kwasi Wriedt demi membawa Willem unggul meyakinkan 3-0 hingga turun minum.

Sempat membalas melalui Michiel Kramer pada menit ke-69, ADO mendapati gawang mereka bobol lagi dua menit berselang dari gol tandukan Che Nunnely.

Sedangkan laga lainnya di Stadion De Oude Meerdijk, Emmen mampu kembali ke jalur kemenangan dengan mengalahkan Heerenveen 3-1 dalam pertandingan yang harus diselesaikan tim tamu hanya dengan sembilan pemain.

Enam menit setelah Emmen memimpin lewat eksekusi penalti Sergio Pena, Heerenveen harus kehilangan Lasse Schoene yang diganjar kartu merah.

Pena kembali mengkonversi tendangan penalti pada menit ke-52 untuk menggandakan keunggulan Emmen yang diperlebar lagi oleh Nikolai Laursen pada menit ke-82.

Benjamin Nygren mencetak gol hiburan Heerenveen pada menit ke-88, sebelum mereka harus kehilangan satu pemain lagi setelah Syb van Ottele dikartu merah pada menit kedua injury time.

Baca juga: Ajax legalisir gelar juara seusai cukur Emmen
Baca juga: Sparta Rotterdam kikis asa Vitesse dekati zona Liga Champions


Hasil ketiga pertandingan itu membuat ADO tak beranjak dari dasar klasemen dengan 22 poin dan dipastikan terdegradasi ke Divisi Eerste Liga Belanda, bersama VVV yang hanya punya satu poin lebih banyak di urutan ke-17.

Sedangkan Willem (28) yang berada di urutan ke-15 dan Emmen (27) di bawahnya mengamankan diri dari ancaman degradasi otomatis, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Di atas kertas Willem dan Emmen menjadi dua tim tersisa yang terancam finis di urutan ke-16 atau zona playoff degradasi menghadapi wakil Divisi Eerste setelah musim berakhir.

Baca juga: PSV kunci tiket Liga Champions lantaran AZ gagal menang
Baca juga: Ajax pertahankan Erik ten Hag sampai 2023
Baca juga: Sebastien Haller nikmati penampilan perdana di hadapan suporter Ajax
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021