Ajax sulap trofi Liga Belanda jadi cendera mata untuk suporter

Ajax sulap trofi Liga Belanda jadi cendera mata untuk suporter

Skuad Ajax memperlihatkan trofi Liga Belanda yang mereka menangi di balkon Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Belanda, untuk melakukan selebrasi bersama para suporternya yang berada di luar stadion merayakan gelar juara musim 2020/21 pada Minggu (2/5/2021). (ANTARA/AFP/ANP/Robin van Lonkhuijsen)

Jakarta (ANTARA) - Ajax menyulap trofi Liga Belanda yang mereka raih setelah menjadi juara musim ini menjadi cendera mata yang mereka bagikan kepada para suporter.

Lewat laman resminya pada Rabu, Ajax mengunggah sebuah video yang memperlihatkan proses pelelehan trofi Liga Belanda yang berbentuk perisai menjadi 42.000 bintang-bintang kecil.
Bintang-bintang itu selanjutnya dibagikan kepada para pemegang tiket terusan Ajax, yang sepanjang musim ini tidak bisa menghadiri pertandingan-pertandingan kandang mereka karena protokol COVID-19.

"Kami menyebutnya 'kepingan Ajax'. Dengan cara ini, kami betul-betul membagikan gelar juara dan trofi ke-35 ini bersama para suporter," tulis Ajax dalam pernyataan resminya.

Baca juga: Ajax legalisir gelar juara seusai cukur Emmen
Baca juga: Dusan Tadic tegaskan Ajax masih lapar raih banyak gelar


Direktur pelaksana Ajax, Edwin van der Sar, mengatakan bahwa ini sebagai bentuk terima kasih timnya kepada dukungan para suporter yang terus mengalir, kendati musim ini tribun Johan Cruijff Arena tidak boleh diisi karena pandemi COVID-19.

"Musim ini kami harus menjalaninya tanpa kehadiran suporter. Setidaknya, mereka tidak ada di tribun stadion," ujarnya.

"Pun demikian, para pemain terus merasakan derasnya dukungan suporter di setiap pertandingan. Lewat media sosial atau mereka yang menyempatkan menyapa bus tim menuju stadion," kata Van der Sar menambahkan.

Setiap suporter akan menerima bintang seberat 3,45 gram yang setiap buahnya mengandung 0,06 gram dari perisai trofi juara Liga Belanda milik Ajax.

Atas gestur spesial itu, otoritas sepak bola Belanda, KNVB, memberikan trofi identik lain kepada Ajax, untuk disimpan di museum ataupun digunakan dalam momen-momen selebrasi.

Baca juga: Daftar juara Liga Belanda: Ajax kian perkasa dengan 35 trofi
Baca juga: Klasemen Liga Belanda seusai Ajax rengkuh gelar juara
Baca juga: Arjen Robben bermimpi bela timnas Belanda di Euro 2020
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021