Beasiswa tingkatkan kontribusi putra-putri bangsa terhadap pembangunan

Beasiswa tingkatkan kontribusi putra-putri bangsa terhadap pembangunan

Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto dalam webinar berjudul "Beasiswa LPDP 2021: Wujudkan Visi SDM Unggul Indonesia melalui Pendidikan Terbaik Dunia" di Jakarta, Selasa (11/5/2021). (ANTARA/ Zubi Mahrofi)

Jakarta (ANTARA) - Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) mengharapkan kembali dibukanya pendaftaran beasiswa Tahun 2021 dapat mendorong putra-putri terbaik Indonesia meningkatkan kontribusinya terhadap pembangunan bangsa Indonesia di masa mendatang.

"Program ini tentunya sudah dinanti-nanti oleh semua putra-putri terbaik bangsa guna meningkatkan kapasitas diri dan juga berkontribusi terhadap pembangunan bangsa Indonesia yang unggul dan berkeadilan di masa yang akan datang," ujar Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto dalam webinar berjudul "Beasiswa LPDP 2021: Wujudkan Visi SDM Unggul Indonesia melalui Pendidikan Terbaik Dunia" di Jakarta, Selasa.

Ia menyampaikan, berdasarkan gender, statistik menunjukkan lebih dari 51 persen awardee LPDP adalah perempuan.

"Afirmasi terhadap putera-puteri daerah tertinggal maupun Indonesia Timur yang sebelumnya terkesan jauh dari sorot pembangunan kini juga telah terbuka, pun dengan saudara-saudara penyandang disabilitas punya kesempatan yang sama untuk mengangkat potensi diri dan ikut menjadi solusi pembangunan bangsa," katanya.

Ia mengatakan, setelah hampir satu dekade berdiri, LPDP telah mampu memberangkatkan sekitar 25.000 putra-putri terbaik bangsa Indonesia dalam menempuh pendidikan yang unggul, baik di Indonesia maupun luar negeri.

"9.000 diantaranya telah menjadi alumni dan bergerak di bidangnya masing-masing, ada di publik sektor, enterpreneur dan berbagai profesi lain," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Andin juga mengatakan, total Dana Abadi yang dikelola saat ini telah mencapai lebih dari Rp70 triliun, yang diarahkan untuk peningkatan kualitas SDM secara berkelanjutan.

"Dana ini dikelola sebagai wujud ikhtiar dan komitmen serta orientasi pembangunan bangsa Indonesia yang menjadi prioritas pemerintah," katanya.

Andin berpesan kepada para calon pendaftar untuk memantaskan diri agar bisa lolos seleksi LPDP yang cukup ketat.

"Kami juga selalu berdoa semoga perjuangan dan pengorbanan para calon awardee nanti dapat berhasil. Kami pesan untuk calon yang nantinya belum lolos, karena memang jumlahnya terbatas, jangan pernah ragu untuk selalu berusaha memperbaiki diri," katanya.

Pembukaan beasiswa dilaksanakan pada periode Mei-Juni untuk Tahap I dan akan kembali dibuka pada bulan Agustus untuk Tahap II.

Proses seleksi tahap I hingga penentuan Awardee terpilih akan berlangsung hingga 25 Agustus 2021. Sementara tahap II prosesnya hingga 26 November 2021. Masyarakat dapat mengakses pada laman www.lpdp.kemenkeu.go.id.

Pewarta : Zubi Mahrofi
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2021