Kapolda Metro Jaya tinjau vaksinasi ratusan orang di Jakarta Barat

Kapolda Metro Jaya tinjau vaksinasi ratusan orang di Jakarta Barat

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran (kiri) bersama Kapolsek Kalideres Komisaris Polisi Slamet Riyadi (kanan) meninjau pelaksanaan vaksinasi di Kampung Tangguh Jaya RW 13 Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat, Minggu (9/5/2021). ANTARA/HO-Dok.Polsek Kalideres.

Jakarta (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 terhadap ratusan orang di Jakarta Barat, Minggu.

Pertama, Kapolda lebih dulu mengecek kesiapan penyuntikan vaksinasi dosis kedua sebanyak 119 orang di Kampung Tangguh Jaya (KTJ) RW 13 Pegadungan, Perumahan Citra Garden 3, Kalideres Jakarta Barat sekitar 30 menit.

"Tadi Kapolda Metro Jaya secara langsung menyaksikan pelaksanaan vaksinasi di tempat Kampung Tangguh Jaya RW 013 ini sekitar 30 menit. Ini adalah program beliau, termasuk pelaksanaannya di Kampung Tangguh Jaya, RW 013 Kelurahan Pegadungan," ujar Kapolsek Kalideres Kompol Slamet Riyadi ditemui ANTARA di Jakarta, Minggu.

Slamet mengatakan Polsek Kalideres berperan mendata dan menyiapkan orang-orang yang akan divaksinasi, yaitu warga lanjut usia (lansia) dan pelayan publik. Kemudian menyiapkan tempat di KTJ RW 013 itu sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi.

Adapun penyediaan tenaga kesehatan dan vaksin jenis Sinovac dalam pelaksanaan vaksinasi dosis kedua di KTJ RW 013 Pegadungan ini oleh Yayasan Global CEO Indonesia, yang bekerja sama dengan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Metro Jaya dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk distribusinya.

Baca juga: Polda Metro Jaya fasilitasi vaksin massal di lima titik Jakarta Pusat

"Ini tenaga kesehatannya dikoordinasikan oleh Biddokkes Polda Metro Jaya. Yang di sini, Tim Nakesnya ada namanya Tim Kobra. Itu ada yang dari RSD Wisma Atlet dan lain sebagainya. Jadi gabungan, ini gabungan antara Biddokkes Polda Metro dan Rumah Sakit-Rumah Sakit yang telah ditunjuk untuk kerja sama melaksanakan vaksinasi ini," kata Kapolsek Kalideres.

Ia menambahkan, personel yang bersiaga di sekitar lokasi dari TNI-Polri berjumlah kurang lebih 75 orang dan dari Biddokkes Polda Metro Jaya untuk pelaksanaan vaksinasi kurang lebih 10 orang.

Usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di Kampung Tangguh Jaya RW 013 Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat, Kapolda Metro Jaya kembali meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Gedung Kawan Lama Lantai 3, Jalan Puri Kencana, Kembangan, Jakarta Barat.

Di sana, vaksinasi COVID-19 diikuti sebanyak 300 orang dengan rincian 230 Orang Karyawan PT. Kawan Lama dan 70 orang lainnya masyarakat umum.

Adapun dalam kehadirannya tersebut Kapolda Metro Jaya menyampaikan bahwa setelah vaksinasi tetap harus diikuti dengan kedisiplinan menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, mencegah kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Baca juga: Sebagian warga di 98 RW Jakpus mulai terima vaksin AstraZeneca

Selain itu, Irjen Pol Fadil Imran juga mengatakan bahwa silaturahmi dengan keluarga selama Lebaran masih bisa dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan tersebut.

"Negara India dan Brazil cukup menjadikan pengalaman, utamakan pencegahan daripada pengobatan," ujarnya.

Adapun personel TNI-Polri yang bersiaga di lokasi vaksinasi di kantor Kawan Lama sebanyak 30 orang dengan dibantu pengamanan internal sebanyak 11 orang.

Pewarta : Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021