Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan lembaganya akan terus mengawal dan mengawasi penanganan dampak bencana alam dan pemulihan kehidupan korban bencana khususnya gempa yang terjadi di Desa Majang Tengah, Krajan, Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

"Sampai sekarang DPR RI masih terus memantau dan mengawasi perkembangan penanganan bencana," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Hal itu dikatakan Puan Maharani saat menemui korban gempa di Desa Majang Tengah, Krajan, Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Baca juga: Presiden: Pemerintah bantu warga bangun rumah rusak akibat gempa

Dia menjelaskan, DPR RI langsung berkomunikasi dengan pemerintah, BNPB, dan pihak terkait lainnya saat mendapat kabar terjadi gempa di Malang.

Komunikasi itu menurut dia berkaitan dengan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk memprioritaskan keselamatan masyarakat.

"DPR RI akan terus bersinergi dengan pemerintah untuk menghadirkan langkah-langkah yang jelas dan nyata untuk membantu Bapak Ibu sekalian," ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan itu mendukung langkah pembangunan 300 hunian sementara untuk warga korban gempa, yang akan dibangun bertahap dan akan lebih layak dari pengungsian, serta lebih aman dari ancaman penyebaran COVID-19.

“Kami di DPR RI akan terus bekerja dalam kapasitas kami untuk memulihkan kehidupan Bapak Ibu sekalian,” ujar Puan, yang sempat berbincang dengan sejumlah warga korban gempa di lokasi tersebut.

Baca juga: Presiden tinjau lokasi terdampak gempa di Kabupaten Malang

Dia mengapresiasi semua pihak yang bergerak cepat dalam membantu para korban gempa Malang, termasuk Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, BNPB, BPBD, TNI, Kepolisian, dan semua pihak yang terlibat.

"DPR RI akan terus berkomunikasi dengan Pemerintah untuk meningkatkan ketahanan Indonesia dalam menghadapi bencana secara keseluruhan," katanya.

Menurut Puan, kesiapsiagaan menghadapi bencana harus merata di seluruh daerah, baik dari sisi sumber daya manusia, anggaran, infrastruktur dan lain-lain. Hal itu menurut dia karena Indonesia berada di dalam "Ring of Fire" sehingga harus memiliki kesiapan dan kemampuan untuk menghadapi bencana.

Di lokasi gempa di Malang, Puan berkeliling dan berdialog dengan warga korban gempa sambil melihat proses renovasi rumah-rumah warga yang rusak akibat gempa.

Puan bersama Presiden Jokowi menemui warga korban gempa di Malang, setelah sebelumnya bersilaturahmi dengan keluarga awak kapal selam KRI Nanggala-402 di Surabaya, dan menemui petani pada panen raya di Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang.

Baca juga: Pemkot Malang salurkan bantuan untuk korban gempa

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021