Ini adalah upaya besar yang ingin kami sampaikan dan kami mohon teman-teman mendukung karena umbrella tanpa kekuatan berpikir dan dukungan pengusaha kita cukup kosong
Jakarta (ANTARA) - Calon Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Anindya Bakrie menyambangi Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di Jakarta untuk bersilaturahmi seraya menekankan pentingnya kolaborasi yang kuat antara Apindo dan Kadin untuk pemulihan ekonomi nasional dari dampak pandemi COVID-19.

Anin menyampaikan, kolaborasi yang terjalin antara Kadin Indonesia, sebagai payung pengusaha, dengan Apindo sebagai pusat pemikiran dan pengusul kebijakan harus terus diperkuat dalam memeratakan pemulihan ekonomi dari dampak COVID-19.

"Ini adalah upaya besar yang ingin kami sampaikan dan kami mohon teman-teman mendukung karena umbrella tanpa kekuatan berpikir dan dukungan pengusaha kita cukup kosong," kata Anindya lewat keterangannya di Jakarta, Selasa.

Kedatangan Anindya disambut para pejabat teras Apindo, termasuk Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani. Mereka kemudian berdiskusi mengenai cara memulihkan perekonomian di daerah.

Menurut Anindya, memulihkan perekonomian di daerah lebih sulit dari yang terjadi di Jakarta. Terlebih, sampai saat ini masyarakat di daerah masih kesulitan dengan akses keuangan.

"Semakin kita keliling, semakin kita lihat daerah susah sekali. Kita di sini, di Jakarta, bicara likuiditas perbankan tinggi-tingginya. Tapi, sampai ke lapangan, modal kerja pun sulit," katanya.

Untuk itu, ia menekankan, Apindo bersama Kadin harus bisa menyukseskan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang telah dibuat pemerintah.

Caranya, dengan menjaga agar pemanfaatannya tepat sasaran dan tepat guna bagi ekonomi.

Selain itu, Kadin dan Apindo juga harus terus memonitor dan mengevaluasi terobosan regulasi Presiden Jokowi melalui Undang-Undang (UU) Cipta Kerja.

Menurut dia, aturan pelaksana undang-undang tersebut menjadi salah satu senjata pemulihan.

PEN dan UU Cipta Kerja, merupakan dua senjata yang diyakini bisa mengerek pemulihan ekonomi Indonesia hingga merata ke daerah-daerah.

Dengan PEN dan UU Cipta Kerja, para pengusaha di Indonesia juga bisa maju bersama untuk membuat ekonomi Indonesia lebih baik lagi dan rakyat lebih makmur.

"Kita percaya, bukan hanya maju tapi maju bersama untuk mengentaskan kesenjangan. Gerbongnya mesti jalan. Kalau tidak, ngapain kita di sini. Selain maju bersama, kita juga berharap naik kelas bersama," ucap Anin.

Baca juga: Anindya Bakrie: Pengusaha lokal harus jadi pemain olah SDA daerah

Baca juga: Ini pesan Menko Airlangga ke Anindya dan Kadin daerah soal ekonomi RI

Baca juga: Menko Luhut: Pemerintah tak ikut campur kontestasi Ketua Umum Kadin

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021