Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Rahadi Zakaria, meminta pemerintah untuk mewaspadai aksi anarkisme yang dilakukan sejumlah organisasi massa.

"Sesuai aturannya, organisasi kemasyarakatan (ormas) itu kan dibentuk untuk membantu pemerintah dan lingkungannya, dalam hal tugas-tugas kemasyarakatan dan sosial. Bukan bertindak lebih dari itu, apalagi telah menjurus pada aksi-aksi kekerasan yang meresahkan rakyat," katanya di Jakarta, Jumat.

Dalam kaitan adanya ormas berazaskan agama dan ideologi apa pun yang bertindak anarkis, Rahadi Zakaria mengatakan, tindakan anarkis itu harus diwaspadai secara lebih intens.

"Terutama fraksi kami, sudah dengan tegas mendesak kementerian dalam negeri misalnya, untuk turun tangan melakukan pembinaan khusus, dan jika sudah sulit untuk dibina, maka lebih baik diproses secara hukum saja," tegasnya.

Rahadi Zakaria mengingatkan, aparat Kesbang dan Linmas yang resmi di dalam struktur Kemdagri harus diberdayakan untuk pro aktif terjun ke lapangan guna turut menumbuhkan suasana kehidupan masyarakat yang harmonis dan jauh dari aksi-aksi kekerasan sipil yang tak terkendali.

"Jangan sampai upaya membangun masyarakat sipil yang tertib, rukun, damai dalam semangat kebhinekaan yang bersatu ini dirusak oleh ambisi-ambisi kepentingan kelompok," ujarnya.

Karena itu, Rahadi Zakaria mengharapkan pula penegakan aturan hukum secara tegasnya tanpa pilih kasih terhadap para pelaku tindakan anarkis itu.

(M036/A041/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010