Jakarta (ANTARA) - PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics mengungkapkan transformasi BUMN logistik tersebut diharapkan membantu pemerintah terkait layanan jasa logistik terpadu.

"Dengan bertransformasi menjadi Beyond Digital Logistics Company, kami berharap dapat membantu Pemerintah dalam menyediakan layanan jasa logistik terpadu yang efisien di Indonesia," ujar Direktur Utama BGR Logistics M. Kuncoro Wibowo dalam media gathering di Jakarta Selasa.

Menurut dia, hal tersebut dapat diwujudkan karena seluruh proses bisnis yang dijalankan sudah terintegrasi berbasis IT yang dapat termonotor secara real time di command center yang dimiliki BGR Logistics.

"Peran logistik di Indonesia sangatkah penting, oleh karena itu tidak hanya logistik secara B to B saja yang kami layani, sekarang kami juga memiliki aplikasi Warung Pangan sebagai wujud inisiasi dari Kementerian Koperasi & UKM dan Kementerian BUMN untuk membantu para UMKM atau pemilik usaha warung di Indonesia untuk dapat mendapatkan stok bahan pangan dengan harga stabil," kata Kuncoro.

Baca juga: BGR Logistics luncurkan Pusat Data Komoditas Nasional pada Mei

Bersama dengan BUMN Klaster Pangan, BGR Logistic mempertemukan para UMKM langsung dengan pemilik bahan pangan atau produsen, dengan memotong rantai ini harapan nya adalah bahan pangan yang didapatkan oleh UMKM dengan harga stabil dengan cara aman melalui aplikasi Warung Pangan.

Direktur Utama BGR Logistics tersebut menyampaikan transformasi BGR Logistics yang sudah dilakukan sejak akhir 2018. Mulai dari transformasi budaya, repositioning, rebrandring serta bertransformasi menjadi Beyond Digital Logistics Company.

"Sejak bergabungnya BGR Logistics sebagai bagian dari Holding BUMN Klaster Pangan, peran kami menjadi sangan penting dalam Klaster tersebut. BGR Logistics sebagai penghubung antara Hulu atau Produsen kepada Hilir atau masyarakat," kata Kuncoro.

Sebagai Perusahaan logistik digital, lanjut dia, BGR Logistics memberikan satu solusi layanan logistik terpadu berbasis IT yang dapat menekan biaya logistik yang selama ini masih menjadi isu publik yang diperbincangkan.

Baca juga: BGR Logistics jalankan transformasi bisnis lewat implementasi IT

Dalam kesempatan sama, Direktur Komersial BGR Logistics Budi Susanto menyampaikan bahwa tantangan dan target BGR Logistics ke depannya. Pandemi covid19 ini memukul hampir disemua sektor usaha dan jasa tidak terkecuali sektor logistik. Banyak pemilik barang yang wait and see terkait kondisi ini.

"Dengan transformasi ini, BGR Logistics menyediakan layanan jasa logitik digital yang berbeda dengan Perusahaan Logistik lainnya di Indonesia, harapannya adalah kami dapat memberikan layanan jasa yang melebihi ekspektasi Pelanggan," kata Budi.

Sedangkan Direktur Pengembangan Usaha & Sistem Informasi BGR Logistics Tri Wahyundo Hariyatno menjelaskan, secara detai terkait pengembangan usaha BGR Logistics yang selama ini sudah dijalankan, diimplementasikan serta yang akan dijallanka.

"Tentunya dengan tujuan yang sama, yaitu memberikan solusi logistik digital terpadu dengan menyasar ke efisiensi yang diharapkan oleh stakeholders dan Pemerintah," kata Tri.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021