Imigrasi deportasi turis asal Ceko jadi agen travel di Bali

Imigrasi deportasi turis asal Ceko jadi agen travel di Bali

Proses pendeportasian WN Ceko ke negaranya didampingi petugas Imigrasi Singaraja, Bali, Kamis (25/3/2021). ANTARA/HO-Humas KemenkumHAM Bali.

Denpasar (ANTARA) -
Imigrasi Kelas II TPI Singaraja, Bali mendeportasi seorang turis asal Ceko bernama Jiri Hruska, karena dengan visa kunjungan bekerja di Bali sebagai perwakilan agen perjalanan AquaTravel Ceko di Indonesia.
 
"Yang bersangkutan diduga kuat bekerja di bagian manajemen pemasaran Selang Resort serta sebagai perwakilan dari agen perjalanan AquaTravel Ceko di Indonesia," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk dalam keterangan persnya, di Denpasar, Kamis.
 
Ia mengatakan bahwa Jiri Hruska memiliki izin tinggal kunjungan B211A, yang berlaku sampai dengan 24 Februari 2021. Karena itu, warga Ceko ini dikenakan tindakan administratif keimigrasian berupa deportasi dan penangkalan.
 
Pendeportasian dilakukan karena telah melanggar aturan keimigrasian sesuai dengan Pasal 75 ayat (1) Undang-Undang No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.
 
Jiri Hruska dideportasi dari Bali pada Kamis, pukul 00.15 WIB dan diberangkatkan melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta dengan penerbangan Fly Emirates EK 359 dengan tujuan akhir Bandara Ruzyne, Praha, Ceko.
 
"Diharapkan dengan adanya tindakan administratif keimigrasian ini dijadikan sebagai bentuk nyata penegakan hukum keimigrasian di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja," katanya pula.
 
Kepala Sub Bagian Humas dan Reformasi Kanwil Kemenkumham Bali I Putu Surya Dharma mengatakan Jiri Hruska diduga sudah lama bekerja sejak orang tuanya tinggal di Ceko.
 
"Sudah lama sepertinya, dari orang tuanya yang tinggal di Ceko. Dia menggunakan visa sosial untuk berwisata, tapi juga mengurus mengelola hotel yang juga adalah modal bapaknya," ujar Surya pula.
 
Sedangkan terkait dengan bukti pengelolaan hotel dan informasi terkait gambaran pekerjaannya selama di Bali, Kepala Sub Bagian Humas dan Reformasi Kanwil Kemenkumham Bali I Putu Surya Dharma mengatakan tidak ingin berkomentar. "No comment," ujarnya.
Baca juga: Imigrasi Blitar deportasi seorang WNA dari Taiwan
Baca juga: KemenkumHAM Bali catat 157 warga asing dideportasi selama 2020
Pewarta : Ayu Khania Pranishita
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021