Ketiga pilar ini berfungsi untuk terus mendorong kebiasaan taat protokol kesehatan yang telah terbentuk di masyarakat dapat terus dijalankan
Makassar (ANTARA) - Penyedia jasa transportasi daring Gojek mendukung masyarakat dalam membantu pemulihan ekonomi dengan berusaha dari rumah dan mendukung penerapan protokol kesehatan J3K (Jaga Kesehatan, Kebersihan, dan Keamanan).

"Riset SBM ITB tahun 2020 melansir bahwa protokol J3K Gojek dinilai sebagai protokol kesehatan terlengkap dengan standar tertinggi dibandingkan dengan pemain serupa di negara-negara lain," kata Director Center for Policy and Public Management Sekolah Bisnis dan Manajemen, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) Yudo Anggoro saat pertemuan virtual yang juga menghadirkan Chief Transport Officer Gojek, Raditya Wibowo, Selasa.

Baca juga: Layanan logistik Gojek meningkat selama pandemi

Menurut dia, kesuksesan inisiatif J3K Gojek itu tidak lepas dari upaya maksimal yang dikerahkan melalui 3 pilar utama yaitu pilar edukasi, teknologi serta infrastruktur yang saling melengkapi untuk menjamin perilaku kebiasaan taat protokol kesehatan dijalankan dengan ketat.

Selain itu, lanjut dia, Gojek telah menghadirkan gerakan #PesanDariRumah yang terinspirasi dari aspirasi keluarga mitra driver untuk meningkatkan perilaku taat protokol kesehatan saat berkendara.

"Perusahaan digital ini secara aktif turut serta dalam upaya pengendalian pandemi COVID-19 dengan memaksimalkan investasi dan inovasi untuk memperkuat protokol Jaga Kesehatan, Kebersihan, dan Keamanan (J3K)," katanya.

Sementara itu, Chief Transport Officer Gojek Raditya Wibowo mengatakan, pihaknya percaya bahwa semua pihak memiliki peran dalam menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan satu sama lain.

Baca juga: Prokes di ojol akan terus diterapkan di masa depan

“Dengan melibatkan keluarga mitra driver dalam gerakan #PesanDariRumah, termasuk berusaha dari rumah untuk mendukung ekonomi keluarga, diharapkan juga terbangun kesadaran dan kepatuhan terhadap protokol J3K terus terjaga dan dapat berkontribusi dalam menekan angka penyebaran COVID-19,” katanya.

Karena itu, keseriusan Gojek dalam mengimplementasikan protokol J3K difokuskan pada tiga pilar utama yakni pilar edukasi, teknologi, dan infrastruktur yang saling melengkapi.

"Ketiga pilar ini berfungsi untuk terus mendorong kebiasaan taat protokol kesehatan yang telah terbentuk di masyarakat dapat terus dijalankan," katanya.
Tangkapan layar kegiatan usaha yang dilakukan dari rumah untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional, Selasa (16/3/2021). ANTARA Foto / HO/Humas Gojek

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021