LTMPT sebut 159.645 siswa selesaikan pendaftaran SNMPTN

LTMPT sebut 159.645 siswa selesaikan pendaftaran SNMPTN

Dokumentasi - Ketua Tim Pelaksana LTMPT, Mohammad Nasih. ANTARA FOTO/Moch Asim/ama/pri.

Jakarta (ANTARA) - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyebut sebanyak 159.645 siswa menyelesaikan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) hingga Rabu (17/2) pukul 23.00 WIB.

“Siswa yang sudah finalisasi sebanyak 159.645 siswa atau bertambah sebanyak 58.186 siswa,” ujar Ketua Tim Pelaksana LTMPT, Mohammad Nasih, di Jakarta, Kamis.

Jumlah siswa login sebanyak 437.681 atau bertambah 82.567 siswa. Siswa yang sudah memilih program studi sebanyak 222.036 siswa atau bertambah sebanyak 76.506 siswa, dan siswa yang sudah mengunggah portofolio sebanyak 379 atau bertambah sebanyak 211 siswa.

Proses pendaftaran dinyatakan selesai, apabila siswa sudah melakukan finalisasi atau cetak kartu peserta. Setelah finalisasi atau cetak kartu peserta, siswa tidak bisa melakukan perubahan data dengan alasan apapun.

Baca juga: Pendaftaran SNMPTN dimulai 15 Februari
Baca juga: Seleksi masuk UI melalui SNMPTN dibuka hingga 24 Februari 2021

Pendaftaran SNMPTN dilakukan mulai 15 Februari pukul 15.00 WIB hingga 24 Februari 2021 pukul 15.00 WIB. Pendaftaran dilakukan melalui portal LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id atau melalui laman https://snmptn.ltmpt.ac.id.

Siswa yang dapat mendaftar SNMPTN adalah siswa yang sudah memiliki akun LTMPT dan sudah permanen, siswa yang dinyatakan eligible oleh sekolah, dan memiliki nilai yang lengkap di PDSS.

Tahapan pendaftaran SNMPTN yakni siswa melakukan login di Portal LTMPT atau laman pendaftaran menggunakan akun LTMPT (alamat email dan password) yang telah teregistrasi.

Selanjutnya, siswa mengisikan “Kelengkapan Data Orang Tua” pada halaman profil. Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan prodi yang dipilih pada halaman pilihan.

Siswa mengisikan portofolio pada halaman portofolio, jika prodi yang dipilih mensyaratkan adanya dokumen portofolio. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, maka tidak perlu diisikan.

Baca juga: Unsoed sediakan 1.218 kursi untuk SNMPTN 2021
Baca juga: Alokasikan kuota 2.272 mahasiswa, Unej buka pendaftaran SNMPTN 2021

Siswa mengisikan prestasi pada halaman prestasi. Isian prestasi pada halaman ini bersifat tidak wajib. Kemudian, siswa melakukan finalisasi pada halaman finalisasi, jika semua isian data sudah diyakini kebenarannya. Setelah melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak bisa diubah dengan alasan apapun. Siswa mengunduh dan mencetak kartu registrasi.

Pemilihan prodi disarankan tidak lintas minat serta tidak mendaftar menjelang jadwal penutupan atau pada hari terakhir pendaftaran. Pengumuman hasil SNMPTN dijadwalkan pada 22 Maret 2021 melalui laman LTMPT di https://pengumuman- snmptn.ltmpt.ac.id dan laman mirror pengumuman di beberapa PTN yang akan diinformasikan kemudian. Pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN dapat dilihat di laman PTN penerima.

Baca juga: Rektor USK Banda Aceh ingatkan peserta SNMPTN cermat pilih prodi
Baca juga: Unair Surabaya buka jalur "Golden Ticket" untuk pendaftar SNMPTN

Pewarta : Indriani
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021