Kupang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur mengirimkan 100 anggota Brimob Polda NTT untuk membantu Polda Papua dalam rangka pengamanan polsek rawan dan antisipasi kelompok bersenjata di Intan Jaya, Papua.

"Mereka akan diberangkatkan pada Kamis (18/2) besok," kata Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif kepada wartawan di Kupang, Rabu.

Orang nomor satu di lingkup Polda NTT itu mengatakan kalau pemberangkatan 100 anggota Brimob Polda NTT untuk membantu Polda Papua merupakan suatu kehormatan bangsa dan negara.

Komandan berbintang dua itu saat mengelar apel melepas keberangkatan 100 personel anggota Brimob Polda NTT itu berpesan agar mereka yang berangkat itu harus kembali lagi ke Kupang dengan jumlah yang sama.

"100 orang yang berangkat maka yang kembali pun harus utuh 100 orang pula. Tidak boleh berkurang dengan alasan apapun," tegasnya.

Baca juga: 100 personil Brimob Polda Jambi di BKO jaga keamanan di Papua

Kapolda juga berpesan agar anggota Brimob saat bertugas ke Papua selalu mengawali tugas dengan doa serta mematuhi SOP.

"Jangan membenarkan yang biasa dan membiasakan yang benar," ujar Kapolda NTT.

Ia juga berpesan agar personel yang berangkat itu tidak boleh meremehkan situasi dan kondisi yang saat ini terjadi di Papua.

"Dibutuhkan disiplin diri dan kesatuan serta saling menjaga satu dengan yang lain," tandas kapolda NTT.

Anggota Brimob Polda NTT juga diminta menjaga marwah Polda NTT dan institusi Polri. Kapolda NTT menjanjikan reward bagi anggota Brimob Polda NTT yang melakukan BKO ke Polda Papua.

"Sekali melangkah pantang menyerah, sekali tampil harus berhasil. Jiwa ragaku demi kemanusiaan," ujar Kapolda NTT memberikan semangat kepada 100 anggota Brimob Polda NTT BKO Polda Papua.

Baca juga: Polda Jawa Barat terjunkan 96 personel Brimob ke Papua

Sesuai dengan rencana 100 personel Brimob Polda NTT akan diperbantukan di Papua selama enam bulan kedepan hingga bulan Agustus mendatang.

Pantauan ANTARA saat ada yang unik dalam upacara pelepasan kali ini. Kapolda NTT dan seluruh pejabat utama serta anggota Polri yang hadir memberikan penghormatan khusus kepada 100 anggota Brimob Polda NTT bko Polda Papua.

Baik Kapolda NTT maupun anggota yang hadir menghadap ke 100 anggota Brimob dan melakukan penghormatan.Penghormatan dengan cara ini merupakan kali pertama yang digagas Kapolda NTT.

Dan berharap akan menjadi sebuah tradisi di Polda NTT dalam membangun soliditas dan semangat kesatuan.Penghormatan ini merupakan bentuk penghormatan khusus jajaran Polda NTT kepada pasukan Brimob yang melakukan tugas Polri di Polda Papua.

"Ini merupakan tradisi yang meningkatkan jiwa korsa dan wujud penghargaan dari pimpinan kepada personel-personel yang akan berangkat bko," tambahnya.

Baca juga: Polda Gorontalo kirim 100 personel BKO ke Papua

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021