Dengan turut membangkitkan semangat kebinekaan, pers ikut mendorong produktivitas dan optimistisme bangsa.
Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo meminta kepada pers sebagai pilar keempat demokrasi untuk terus memberikan informasi yang mencerahkan pemahaman masyarakat Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Listyo Sigit saat mengucapkan selamat Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 bagi para insan pers di Tanah Air.

"Saya Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo selaku Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) mengucapkan selamat Hari Pers Nasional tahun 2021. Semoga Pers senantiasa menjadi garda depan dalam mencerahkan masyarakat sebagai pilar keempat demokrasi," kata Sigit di Jakarta, Selasa.

Kapolri juga berharap pers atau insan media untuk ikut membantu menangkal serta memerangi penyebaran hoaks yang dapat memecah belah persatuan bangsa dan negara.

"Selain itu, ikut membantu Polri dalam menangkal timbulnya hoaks dan ujaran kebencian yang mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar mantan Kabareskrim Polri itu.

Baca juga: Presiden sampaikan terima kasih kepada insan pers di HPN 2021

Dengan munculnya semangat yang sama untuk menjaga keutuhan NKRI, Sigit menekankan bahwa hal itu dapat makin memperkuat kebinekaan di Indonesia.

"Dengan turut membangkitkan semangat kebinekaan, mendorong produktivitas dan optimistisme bangsa," tutur Sigit.

Hari Pers Nasional (HPN) diperingati setiap 9 Februari bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang berdiri pada tangga; 9 Februari 1946. Peringatan HPN dikukuhkan dalam Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1985.

Pada tahun 2021, peringatan HPN awalnya akan dilaksanakan di Kendari, Sulawesi Tenggara. Namun, karena masih pandemi COVID-19, peringatan HPN 2021 diselenggarakan di DKI Jakarta secara daring maupun tatap muka.

Tema besar HPN 2021 adalah "Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan".

HPN 2021 menghadirkan serangkaian kegiatan, seperti seminar, konvensi, dan acara puncaknya dipusatkan di Ancol, Jakarta Utara.

Baca juga: Presiden: 5.000 vaksin COVID-19 diberikan ke insan pers akhir Februari

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021