Palu (ANTARA) - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd menilai insan pers dan perusahaan pers memiliki peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Karya jurnalistik yang diterbitkan oleh perusahaan pers, merupakan satu bentuk produk yang menjadi pengetahuan bagi pembaca. Inilah peran dalam mencerdaskan kehidupan bangsa," ucap Prof Sagaf S Pettalongi, di Palu, Selasa, berkaitan dengan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021.

Karena itu, kata Prof Sagaf, pers perlu memegang prinsip mendidik, mencerahkan, dan pemberi solusi dalam karya jurnalistiknya.

Apalagi di masa pandemi COVID-19 ini, dimana informasi negatif mengenai pandemi COVID-19 itu sendiri dan informasi negatif mengenai vaksin, banyak bertebar di berbagai platform media sosial.

Baca juga: Presiden: 5.000 vaksin COVID-19 diberikan ke insan pers akhir Februari

Baca juga: Presiden sampaikan terima kasih kepada insan pers di HPN 2021


Maka, peran pers penting untuk memberikan edukasi mengenai pandemi COVID-19 dan vaksin COVID.

Hal itu penting agar masyarakat percaya bahwa COVID-19 benar ada dan berbahaya bagi manusia, serta masyarakat tidak ragu dan takut untuk divaksin.

"Karena informasi negatif mengenai pandemi COVID-19 yang menyebut bahwa COVID adalah konspirasi, serta informasi negatif menyangkut vaksin, ini membentuk langsung pemahaman masyarakat. Akibatnya, muncul resistensi di tingkat masyarakat," kata Prof Sagaf.

Oleh karenanya, menurut Guru Besar Managemen Pendidikan itu, peran pers dalam mendidik dan mencerahkan masyarakat, sebagai satu bentuk kepedulian dan keberpihakan pers dalam menyukseskan penyelenggaraan pembangunan manusia, baik di tingkat daerah maupun nasional.

"Peran dan tanggung jawab yang begitu besar diemban oleh insan pers dan perusahaan pers, patut untuk diberikan apresiasi. Saya secara pribadi dan mewakili seluruh komponen civitas akademik IAIN Palu mengucapkan selamat Hari Pers Nasional tahun 2021, semoga peran untuk mengedukasi masyarakat tetap dipertahankan dan ditingkatkan," kata Prof Sagaf.*

Baca juga: PWI usulkan Aceh tuan rumah HPN 2022

Baca juga: Sambut HPN Forwaka-Kejagung gelar rapid test gratis

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021