Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menganalogikan karakter kepemimpinan Jenderal Pol Idham Azis bagai burung elang yang tidak memamerkan dirinya namun mampu menunjukkan hasil kerja yang optimal.

"Karakter Pak Idham seperti karakter elang pemimpin, tidak perlu memamerkan dirinya seperti burung merak, nuri, kepodang untuk dikenal dan disegani oleh kawan dan lawan. Hal ini sejalan dengan pribadi Pak Idham yang tidak suka melakukan pencitraan namun lebih mengutamakan hasil kerja yang nyata dirasakan," kata Jenderal Sigit dalam upacara serah terima jabatan Kapolri di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Rabu.

Baca juga: Presiden Jokowi lantik Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri

Sigit mengatakan bahwa perjalanan karirnya hingga menjadi Kapolri ke-25 tidak terlepas dari peran Jenderal Idham Azis yang senantiasa mendukungnya mencapai prestasi pengungkapan kasus-kasus yang menjadi perhatian publik.

"Berkat dukungan beliau, beliau sosok senior yang saya kagumi, selalu saya jadikan role model dalam kedinasan dan kehidupan sehari-hari. Sosok pimpinan yang berani, tanggung jawab, peka, selalu membela, memperhatikan dan melindungi anggotanya," tutur Sigit.

Sigit menghaturkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Jenderal Idham atas dedikasi, pengabdian, pemikiran, dan loyalitasnya untuk kemajuan Polri selama 33 tahun. Kemudian kepada Fitri Idham Azis, Sigit juga mengapresiasi atas perhatian, kasih sayang, dan jasanya mengembangkan organisasi Bhayangkari dan Polwan dalam mencapai berbagai prestasi di bawah kepemimpinannya.

Baca juga: Jenderal Idham ucapkan selamat kepada Jenderal Sigit sebagai Kapolri

Pada Rabu, Jenderal Pol Idham Azis menyerahkan Panji Kepolisian Tribrata kepada Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam acara serah terima jabatan Kapolri di Rupatama Mabes Polri, Jakarta.

Penyerahan Panji Kepolisian Tribrata itu sekaligus menandai bahwa Korps Bhayangkara resmi di bawah komando Jenderal Listyo Sigit sebagai Kapolri.

Setelah penyerahan Panji Kepolisian Tribrata, acara dilanjutkan dengan serah terima jabatan Ketua Umum Bhayangkari, Ketua Pembina Yayasan Kemala Bhayangkari, dan Ibu Asuh Polwan dari Fitri Idham Azis kepada Juliati Sigit Prabowo.

Baca juga: Jenderal Idham Azis serahkan Panji Polri Tribrata ke Jenderal Sigit

Acara yang berlangsung secara internal ini menerapkan standar protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

Hanya sejumlah pejabat utama Mabes Polri yang hadir di Rupatama Mabes Polri. Sementara, jajaran Polda mengikuti upacara ini secara virtual.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2021