BNPB catat 154 bencana alam di Indonesia pada awal 2021

BNPB catat 154 bencana alam di Indonesia pada awal 2021

Ilustrasi - Pengendara melintas di sekitar sebuah rumah yang rusak akibat gempa bumi di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Minggu (17/1/2021). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/foc.

Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada 154 bencana alam yang terjadi di Indonesia dalam tiga pekan pertama tahun 2021.

"BNPB mencatat dalam rentang dari 1-18 Januari sebanyak total 154 bencana alam terjadi di Indonesia. Kebanyakan adalah berbentuk banjir, angin ribut dan longsor," Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 BNPB Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual di Graha BNPB Jakarta, Selasa.

Dari sekian banyak bencana alam tersebut, sudah ada 140 korban meninggal dan 776 orang luka-luka.

Baca juga: BNPB pastikan pencegahan COVID-19 dalam penanganan gempa Sulbar

"Curah hujan yang tinggi saat ini dan cuaca ekstrim menyebabkan banjir di beberapa tempat seperti Malang dan Puncak, Bogor," tambah Wiku.

Bencana tersebut, menurut Wiku, menunjukkan Indonesia secara geografis dan geologis memang rawan bencana alam.

"Untuk mengurangi dampak bencana, sudah menjadi kewajiban masyarakat khususnya yang tinggal di rawan bencana untuk meningkatkan rasa kesiapsiagaan sesuai surat edaran Kemendagri, pemerintah daerah juga diharapkan mampu meningkatkan kewaspadaan dan mengaktifkan serta memobilisasi segala kekuatan dalam rangka penanggulangan bencana," ungkap Wiku.

Presiden Jokowi juga sudah mengunjungi langsung dua lokasi bencana yaitu Kabupaten Mamuju di Sulawesi Barat yang terdampak Gempa dan kabupaten Banjar di Kalimantan Selatan yang terkena bencana banjir.

Baca juga: 84 orang meninggal akibat gempa magnitudo 6,2 di Sulawesi Barat

Baca juga: BNPB: Enam orang meninggal akibat banjir-longsor di Manado


Bencana banjir setidaknya terjadi di Kepulauan Bangka Belitung; kabupaten Bener Meriah dan Aceh Timur, Aceh; Kabupaten Jember, Jombang dan Sampang, Sidoarjo, Jawa Timur; Kabupaten Indramayu, Jawa Tengah; Kalimantan Barat; 10 kabupaten di Kalimantan Selatan; Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat; Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat; Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara; Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara; Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara; kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat; Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

Selanjutnya puting beliung juga melanda di Cirebon, Jawa Barat; Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau; serta sejumlah wilayah di Sumatera Utara dan Aceh.

Tanah longsor terjadi di Batam, Kepulauan Riau; Cianjur, Sumedang Jawa Barat; Manado, Sulawesi Utara; Kabupaten Lues, Aceh.

Masih juga ada bencana gunung meletus yaitu Gunung Sinabung di Sumatera Utara dan Semeru di Jawa Timur serta gempa bumi di Mamuju dan Majene di Sulawesi Barat.

Baca juga: BNPB serahkan bantuan dana siap pakai untuk banjir Kalsel

Baca juga: Seluruh korban ditemukan, Tim SAR Longsor Sumedang tutup pencarian
Pewarta : Desca Lidya Natalia
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021