Jakarta (ANTARA) - Grup idola Jepang Arashi resmi menghentikan segala aktivitas atas nama grup mulai 1 Januari 2021.

Setelah 21 tahun berkarya semenjak debut pada 1999, Masaki Aiba, Jun Matsumoto, Kazunari Ninomiya, Satoshi Ohno dan Sho Sakurai memutuskan untuk rehat sebagai grup sampai waktu yang tidak ditentukan.

Dikutip dari NHK, Jumat, semua anggota Arashi kecuali Satoshi Ohno akan tetap melanjutkan aktivitas di dunia hiburan selagi grup tersebut hiatus.

Selain aktif sebagai grup idola, anggota-anggota Arashi juga dikenal sebagai aktor hingga pembawa acara. Sederet serial televisi dan film sudah pernah mereka bintangi, termasuk film Clint Eastwood berjudul "Letters from Iwo Jima" yang melibatkan Kazunari Ninomiya.

Pada 31 Desember 2020, mereka menggelar konser pamungkas yang ditayangkan secara streaming dan ditonton penggemar Jepang dan mancanegara. Di sela konser, Arashi ambil bagian dalam acara musik tahunan legendaris "Kohaku Uta Gassen".

Konser tersebut berakhir hampir tengah malam waktu setempat. Meski digelar tanpa penonton, grup tersebut tetap bisa berinteraksi dengan melihat layar yang memperlihatkan para penggemar menyaksikan konser mereka dari rumah masing-masing.

Pesan-pesan yang ditulis penggemar secara langsung dari laman resmi konser juga menghiasi langit-langit venue konser dan dibaca langsung oleh kelima idola tersebut.

Konser ditutup dengan penuh rasa haru, di mana setiap anggota Arashi mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung mereka selama dua dekade terakhir.

"Banyak yang sudah terjadi sejak kami debut sampai sekarang, tapi yang saya rasakan hanyalah syukur. Tidak ada penyesalan... Saya sangat bersyukur kalian ada bersama kami hingga hari ini, terima kasih banyak," kata Satoshi Ohno menjelang akhir konser.


Baca juga: Jelang hiatus, ini sejarah grup Jepang Arashi dan apa yang ditorehkan

Baca juga: Tsuyoshi Kusanagi eks SMAP umumkan pernikahan

Baca juga: Erika Toda menikah dengan Tori Matsuzaka

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021