Jakarta (ANTARA) - Mendekorasi ulang rumah untuk menyambut liburan akhir tahun dapat menjadi salah satu cara untuk menghadirkan suasana libur yang nyaman dan menyenangkan. Walaupun hanya di rumah saja dan dirayakan secara sederhana, perayaan liburan Natal dan akhir tahun bersama keluarga tetap harus berkesan.

Dekorasi akhir tahun tidak harus rumit dan mahal seperti membeli meja atau kursi baru, Anda cukup menambahkan ornamen dekorasi khas liburan untuk menghadirkan suasana meriah di rumah.

Baca juga: Kiat dekorasi rumah nyaman untuk "WFH"

Lima tips praktis dari IKEA berikut dapat Anda praktikan agar suasana liburan di rumah terasa lebih menyenangkan.
 
Dekorasi rumah (HO/IKEA)


1. Gunakan dekorasi dinding fungsional
Rak dinding tidak harus selalu berbentuk kotak dan membosankan. Anda bisa memberikan sentuhan yang berbeda dengan menggunakan rak berbentuk segitiga ini. Selain dapat mempercantik ruangan, rak dinding ini juga bisa digunakan untuk menyimpan pajangan meja, seperti bingkai foto atau pot tanaman kecil.
 
Dekorasi rumah (HO/IKEA)


2. Sulap meja makan dengan pernak-pernik cantik
Menyajikan masakan di alas makan yang bermotif unik atau menawan bisa menambah kesenangan karena plating yang cantik dapat memengaruhi nafsu makan. Selain alas makan, pilihan taplak yang tepat untuk meja makan juga menjadi aspek penting nih dalam mendekorasi meja makan. Pastikan warna taplak menyempurnakan alat-alat makan agar makan malam saat liburan akhir tahun nanti jadi lebih menyenangkan.

Baca juga: Adaptasi kebiasaan baru, sulap teras rumah jadi lokasi "Instagramable"
 
Dekorasi rumah (HO/IKEA)


3. Pasang hiasan dinding yang artistik
Salah satu cara mudah untuk membuat suasana rumah lebih meriah adalah dengan menambah berbagai ornamen dinding khas liburan. Anda bisa tambahkan gambar yang sudah diberikan bingkai cantik untuk dipajang atau pajangan rajut yang dapat dengan mudah digantungkan di ruang keluarga. Dengan desain yang sederhana dan cocok dengan tema liburan akhir tahun, suasana liburan akan langsung terasa di rumah.
 
Dekorasi rumah (HO/IKEA)


4. Pajang ornamen kecil untuk mempercantik sudut
Sentuhan kecil pada sudut ruangan atau di atas meja biasanya jadi ketertarikan tersendiri. Agar menambah kesan hangat, Anda bisa tambahkan lilin aromaterapi dengan wangi kesukaan di beberapa tempat, seperti di atas lemari bufet atau di meja kecil sebelah tempat tidur. Selain lilin aromaterapi, Anda juga bisa menambahkan tanaman indoor yang ditempatkan di vas bermotif unik untuk membuat ruangan menjadi semakin estetik.

Baca juga: Lima inspirasi "home office" warna pastel yang bikin betah saat WFH
 
Dekorasi rumah (HO/IKEA)


5. Tempatkan kue kering di toples bermotif cantik
Liburan akhir tahun juga menjadi waktu yang tepat untuk berbagi dengan keluarga dan kerabat dekat. Salah satunya adalah memberikan hadiah bingkisan yang kerap kali identik sebagai hadiah liburan akhir tahun. Kue kering sendiri dapat menjadi pilihan untuk mengisi hadiah hampers. Agar terlihat lebih menarik, Anda bisa menempatkan kue kering di toples-toples lucu dan bermotif. Selain menjadi alat penyimpan makanan yang praktis, toples juga dapat menjadi ornamen dekorasi rumah yang cantik.

Baca juga: Lima tips dekorasi rumah praktis sambut libur akhir tahun

Baca juga: Dekorasi Natal unik di mal Jakarta, cemara raksasa hingga SpongeBob

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020