Kegiatan ramp check tersebut untuk memastikan pemenuhan kebutuhan keselamatan dan keamanan pada Natal dan Tahun Baru.
Simalungun (ANTARA) - Kapal penumpang yang beroperasi di perairan Danau Tob, Sumatera Utara, uji fisik dan fungsi sarana dan prasarana beserta fasilitas pendukung keselamatan dan keamanan pelayaran menjelang libur akhir dan pergantian tahun.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah II Provinsi Sumatera Utara, Putu Sumarjaya, di Simalungun, Minggu, mengatakan kegiatan ramp check tersebut untuk memastikan pemenuhan kebutuhan keselamatan dan keamanan pada Natal dan Tahun Baru.

Putu menjelaskan, ramp check dilakukan melalui pengambilan data dari sejumlah kapal yang diperkirakan akan mengalami lonjakan penumpang.

Ditegaskan, pihaknya harus memastikan aspek standar kelaiklautan kapal dan keselamatan pelayarannya harus terpenuhi.

Pelaksanaan uji petik terhadap delapan unit ferry dan 152 kapal tradisional telah dilakukan selama empat hari, 16-19 Desember 2020, di lintasan penyeberangan Kabupaten Simalungun, Samosir dan Toba.

Pemeriksaan, di antaranya meliputi data umum dan ukuran kapal, kapasitas muat, ketersediaan perlengkapan alat-alat penolong, pemadam kebakaran, sistem penahan benturan kapal, perangkat navigasi, alat komunikasi dan administrasi.

Pemilik kapal penyeberangan Parapat - Samosir, Mangasi Sitio menyampaikan apresiasi atas langkah Pemerintah melalui instansi terkait yang melakukan ramp check.

Dia berharap, pemeriksaan itu semakin memberikan rasa nyaman kepada masyarakat yang menggunakan jasa transportasi air Danau Toba.

Baca juga: BKPM ungkap peluang investasi pariwisata di Danau Toba
Baca juga: Seratus ribu benih nila ditabur di Danau Toba

Pewarta: Juraidi dan Waristo
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020