Juan Pablo Montoya reuni dengan McLaren di Indy 500

Juan Pablo Montoya reuni dengan McLaren di Indy 500

Pebalap gaek Juan Pablo Montoya saat melakoni latihan jelang balapan Indy 500 2017 di Sirkuit Indianapolis Motor Speedway, Indianapolis, Amerika Serikat, pada 19 Mei 2017. ANTARA/REUTERS/USA TODAY SPORTS/Brian Spurlock.

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Juan Pablo Montoya bakal melakoni reuni dengan McLaren setelah memutuskan bergabung ke tim Arrow McLaren untuk ajang balap Indianapolis 500 tahun depan, demikian diumumkan pihak tim pada Rabu.

Joki berpengalaman berusia 45 tahun itu merupakan bagian klub eksklusif pebalap yang pernah mengaspal di Formula 1, IndyCar dan NASCAR.

Montoya bakal menjadi pebalap ketiga tim Arrow McLaren, yang juga berisikan pebalap Meksiko Patrico O'Ward dan pebalap Swedia Felix Rosenqvist.

"Saya sangat senang bergabung dengan Arrow McLean untuk Indy 500," kata Montoya dalam pernyataan resmi yang dilansir oleh Reuters.

"Saya punya sejarah menyenangkan bersama McLaren di sirkuit F1 dan tak sabar untuk menambah kenangan baru tahun depan di Indianapolis 500," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Williams ikuti McLaren cabut rencana banding kasus Racing Point
Baca juga: McLaren gandeng sponsor baru jelang Grand Prix Britania


Montoya merupakan pebalap McLaren-Mercedes di F1 pada 2005 dan 2006, di mana ia membukukan tiga dari tujuh kemenangan balapan F1 sepanjang kariernya.

Sebelum debut di F1 pada 2001, Montoya sudah sempat lebih dulu tampil di Indy 500 setahun sebelumnya dan membukukan kemenangan pertamanya, sebelum kembali meraih kemenangan 15 tahun berselang.

Selepas meninggalkan F1, Montoya fokus di NASCAR dan membalap selama sembilan musim dengan catatan dua kemenangan lomba.

Tahun lalu, Montoya berlaga di ajang balap IMSA SportsCar di mana ia membantu Tim Penske meraih gelar juara.

"Saya bahagia Juan bisa kembali bergabung ke keluarga McLaren, membela Arrow McLaren di Indy 500," kata Ketua Umum McLaren Racing Zak Brown.

"Ia seorang pesaing intens, pebalap serba bisa dengan pengalaman di berbagai ajang balap bergengsi. Bisa menggunakan jasanya di Indianapolis 500 akan menjadi kekuatan besar bagi tim kami sekaligus pengalaman menyenangkan untuk para penggemar balap," ujarnya melengkapi.

Montoya terakhir kali membalap di Indy 500 pada 2017 ketika ia finis di urutan keenam klasemen akhir.

Balapan Indy 500 tahun depan dijadwalkan berlangsung pada 30 Mei.

Baca juga: Takuma Sato juara Indy 500, Alonso gagal raih "Triple Crown"
Baca juga: Batasi penonton, Indy 500 tetap ajang teramai di AS selama pandemi

Baca juga: Alonso: Indy 500 lebih menantang dibanding Le Mans
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020