Kita juga harus memenuhi standar pasar global dengan brand yang kuat dan packaging yang semakin baik. Ini yang akan meningkatkan ekspor kita
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan daya saing ekspor nasional khususnya usaha kecil dan menengah harus terus ditingkatkan agar mampu bersaing dan meningkatkan nilai ekspor.

"Daya saing ekspor khususnya usaha kecil dan menengah harus terus ditingkatkan. Gandeng UMKM di Indonesia menjadi satu kesatuan yang kuat untuk memenuhi order," ujar Presiden Jokowi dalam acara Pelepasan Ekspor ke Pasar Global secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Presiden Jokowi mengatakan kerja sama usaha kecil dan menengah dengan perbankan dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) harus juga diperkuat. Selain itu perlu juga memperbanyak program seperti pelatihan terkait persoalan ekspor, khususnya bagi usaha kecil dan menengah.

Baca juga: Presiden: Kegiatan pelepasan ekspor jangan jadi seremonial saja

"Kita juga harus memenuhi standar pasar global dengan brand yang kuat dan packaging yang semakin baik. Ini yang akan meningkatkan ekspor kita," jelas Presiden Jokowi.

Di bagian lain Presiden Jokowi juga meminta atase perdagangan dan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) agar mampu menjadi market agent dan market intelligent untuk mendukung peningkatan nilai ekspor.

Baca juga: KBRI ungkap peluang ekspor pakan ternak hingga produk fesyen ke Brunei

Baca juga: Konjen RI ungkap besarnya potensi kosmetik halal di Thailand Selatan

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020