Insya Allah berkat dukungan doa kita semua, Pilkada tanggal 9 Desember terlaksana dengan baik secara profesional
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mengaku optimistis pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di Papua Barat berjalan dengan aman, baik, lancar dan terlaksana secara profesional.

Dia menilai belum ada gangguan terhadap pelaksanaan Pilkada Serentak di wilayah Papua Barat pascapernyataan kemerdekaan Papua dari Gerakan Persatuan Pembebasan Papua Barat (ULMWP).

"Insya Allah berkat dukungan doa kita semua, Pilkada tanggal 9 Desember terlaksana dengan baik secara profesional," kata Azis dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Azis mengatakan sampai saat ini kondisi di wilayah Papua dan Papua Barat, berdasarkan laporan KPU, Bawaslu, DKPP dan penegak hukum telah siap melaksanakan Pilkada 2020.

Baca juga: Bawaslu berharap tidak ada PSU pada Pilkada Papua Barat

Baca juga: Brimob pengamanan Pilkada Papua Barat mulai digeser ke daerah


Menurut dia, penegak hukum telah siap untuk mengantisipasi terhadap kondisi di Pilkada dan DPR telah berkoordinasi dengan aparat Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu).

"Kami menjamin pelaksanaan Pilkada 9 Desember nanti akan berlangsung aman dan kami telah berkoordinasi dengan aparat Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu)," ujarnya.

Dia juga meminta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) harus dapat menjaga stabilitas keamanan menjelang Pilkada Serentak 2020.

Dalam kesempatan tersebut, anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Robert Kardinal mengatakan dirinya baru mengikuti kampanye Pilkada 2020 di Papua Barat, masyarakat mengikuti secara antusias dengan baik dan tertib.

Menurut dia, masyarakat tertib menjaga protokol kesehatan (prokes) sehingga kampanye berjalan dengan baik dan aman.

"Jadi saya kira masyarakat tidak terpengaruh dengan deklarasi atau apapun karena mereka sepakat untuk otonomi khusus adalah jalan satu-satunya yang terbaik," tutur dia.

Baca juga: Gubernur optimistis Pilkada di Papua Barat aman

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020