UB unggul di posisi kedua mengalahkan IPB, ITS, dan Universitas Hasanuddin yang masing-masing berada pada peringkat 3, 4, dan 5. Sedangkan untuk posisi juara umum diraih oleh tuan rumah Universitas Gajah Mada (UGM)
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Universitas Brawijaya (UB) meraih peringkat kedua atau "runner up" dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional (PIMNAS) ke-33 yang diselenggarakan di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta pada 25-28 November 2020.

UB unggul di posisi kedua mengalahkan IPB, ITS, dan Universitas Hasanuddin yang masing-masing berada pada peringkat 3, 4, dan 5. Sedangkan untuk posisi juara umum diraih oleh tuan rumah Universitas Gajah Mada (UGM).

Rektor UB Prof Dr Nuhfil Hanani di Malang, Senin, mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian yang diraih oleh para mahasiswa tersebut. "Dengan pencapaian yang diraih kali ini membuktikan bahwa UB masih tetap produktif meskipun sedang berada di masa pandemi COVID-19," katanya.

Menurut dia pandemi COVID-19 ternyata tidak menyurutkan dan mematikan produktivitas mahasiswa UB dalam berinovasi. Beberapa waktu yang lalu UB juga menerima penghargaan dari Kemdikbud sebagai perguruan tinggi dengan paten terbanyak.

Hal ini, lanjutnya, membuktikan bahwa di masa pandemi UB masih bisa produktif. Selain itu, UB juga meraih predikat sebagai perguruan tinggi dengan kategori informatif tahun 2020.

Senada dengan Rektor, WR III Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Abdul Hakim menambahkan dari segi jumlah dan peringkat, di tahun ini UB mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu.

"Tahun ini UB untuk pertama kalinya secara daring mampu meloloskan 42 proposal dibandingkan tahun lalu yang hanya 16 proposal. Dari segi fakultas yang terlibat tahun ini ada 10 fakultas, sedangkan tahun lalu hanya ada empat fakultas. Ini merupakan perjuangan luar biasa dari adik-adik mahasiswa dan pembimbing yang difasilitasi rektorat dan fakultas," katanya.

Nuhfil dan Hakim berharap ke depan UB bisa meningkatkan prestasinya menjadi juara Umum PIMNAS.

Dalam kompetisi tersebut, medali yang diraih UB untuk poster dua emas, satu perak, dan satu perunggu. Untuk presentasi perolehan medali yang diterima lima emas, dua perak, dan empat perunggu.

Selain itu, tiga tim UB juga meraih juara favorit, antara lain PKMGFK dengan ketua tim Cahyono Abdi Wibowo dengan judul Wonderful Indonesia (System Multifungsional for Growth Economic Sustainable) sebagai Upaya Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi di Sektor Pariwisata.

Selanjutnya, PKMK dengan ketua tim Yoravika Dwiwibangga dengan judul PKM Koyo Multi Fungsi sebagai Aromaterapi, Penghangat, dan Pelembab Kulit.

Baca juga: Tertinggi ajukan paten saat pandemi, UB raih penghargaan Kemkumham

Baca juga: UB Malang masuk "Best Golden Age" versi THE Young University

Baca juga: Universitas Brawijaya buka Program Fast Track demi kejar ranking dunia

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020