Jakarta (ANTARA) - Google dan Lazada berkolaborasi menyediakan pelatihan gratis bagi penjual online berisi pembekalan keterampilan digital untuk membantu mengembangkan bisnis mereka.

Para penjual bisa mengakses laman Grow with Google untuk merasakan pengalaman menggunakan sistem kursus interaktif dengan metode baru melalui aplikasi Google Primer. Nantinya, mereka bisa mendapatkan informasi mengenai strategi bisnis dan pemasaran digital, dan akan membantu mengatasi hambatan awal dalam memulai usaha secara online.

Di sisi lain, para pedagang Lazada dapat mengakses konten yang dibuat bersama secara langsung di Portal Lazada University dengan kurikulum yang disesuaikan untuk setiap negara. Mereka juga dapat berpartisipasi dalam sesi yang diadakan para pakar Google dan disiarkan langsung di situs Lazada University.

Baca juga: Lazada tambah fitur baru di LazMall

Baca juga: Tips belanja daring, konsumen wajib teliti


"Bagi jutaan orang di Asia Tenggara, E-commerce telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari mereka, dan dengan semakin banyaknya orang yang berbelanja dari rumah, kami ingin memberdayakan bisnis kecil dengan keterampilan dan kemahiran yang lebih unggul di lingkungan online ini," kata Direktur Google, Ben King dalam siaran persnya, Kamis.

Dia mengatakan, perusahaannya berkomitmen untuk melatih 3 juta pekerja UKM di Asia Tenggara dengan keterampilan digital dan hingga saat ini, mereka tercatat sudah memberikan pelatihan kepada 2 juta individu.

Regional Head of Seller Growth and Engagement Lazada, Jon Chin, berharap kemitraan ini dapat membantu membekali penjual dengan keterampilan digital dalam waktu singkat, serta akan memungkinkan mereka memanfaatkan peluang online dan memaksimalkan manfaat musim liburan akhir tahun untuk meningkatkan penjualan mereka.

"Mengingat bahwa dalam satu tahun terakhir, kami telah melihat migrasi online penjual ke platform kami, kami berharap inisiatif ini dapat mendukung semakin banyak UKM di seluruh wilayah agar beralih dengan mudah ke perniagaan digital," tutur dia.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai upaya Google dan Lazada untuk bisnis, penjual bisa mengunjungi Grow.Google dan https://university.lazada.co.id/.

Baca juga: Lazada Indonesia catatkan permintaan tinggi saat 11.11

Baca juga: Intip promo dan diskon festival belanja "online" 11.11

Baca juga: Lazada siapkan ekosistem penunjang festival belanja 11-11

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020