Jangan sampai rakyat Surabaya dipimpin wali kota yang arogan, sewenang-wenang, yang hanya mengandalkan kekuatan uang.
Surabaya (ANTARA) - DPP Pro Jokowi (Projo) menilai program yang diusung Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Armuji di Pilkada Surabaya 2020 mencerminkan kebijakan Presiden RI Joko Widodo di daerah.

Desk Pilkada DPP Projo Fredy Eko Prasetyo kepada wartawan di Surabaya, Rabu, mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang menelaah para kandidat kepala daerah di Indonesia.

"Kami petakan mana yang mencerminkan miniatur kepemimpinan Jokowi, mulai dari program hingga kebersahajaannya. Untuk Surabaya, pilihan itu jatuh pada Eri Cahyadi dan Armuji," katanya.

Baca juga: Ini pesan Projo kepada Gibran Rakabuming Raka

Fredy menjelaskan bahwa Projo hanya mendukung calon-calon kepala daerah yang sejalan dengan gagasan dan program Presiden Joko Widodo.

Menurut dia, pemimpin daerah bagian tidak terpisahkan dengan kepemimpinan nasional Jokowi-Maruf Amin.

Selain itu, lanjut dia, Projo tidak akan mungkin mencalonkan kandidat yang jauh dari rakyat serta mengusung program yang tidak selaras dengan kebijakan Presiden Jokowi.

"Kami menginginkan pemimpin daerah yang sepenuh hati, pemikiran, dan tindakannya untuk rakyat. Di Surabaya, kriteria itu ada pada Eri Cahyadi dan Armuji," katanya.

Dengan dukungan tersebut, kata dia, seluruh struktur dan keluarga besar Projo bakal mengerahkan kemampuan terbaiknya untuk mendukung Eri-Armuji.

"Kami bergotong royong menghadirkan miniatur kepemimpinan Presiden Jokowi di Surabaya," kata aktivis muda tersebut.

Baca juga: Projo ajak masyarakat bersatu hadapi isu global

Ia melanjutkan, "Jangan sampai rakyat Surabaya dipimpin wali kota yang arogan, sewenang-wenang, yang hanya mengandalkan kekuatan uang, yang itu semuanya berkebalikan dengan hati, pikiran, dan tindakan Presiden Jokowi."

Fredy menambahkan bahwa program-program yang diusung Eri-Armuji juga selaras dengan program Presiden Jokowi, terutama dalam konteks menghadapi pandemi COVID-19.

Eri dan Armuji fokus pada penanganan dampak pandemi COVID-19, baik dari sisi kesehatan, ekonomi, maupun aspek sosial.

"Kami melihat komitmen dan program yang kuat dari Eri Cahyadi untuk menggerakkan ekonomi arus bawah, yaitu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), agar bisa segera pulih dan bangkit pada masa pandemi ini," katanya.

Selain Projo, sebelumnya sejumlah sukarelawan pendukung Presiden RI Jokowi yang telah mendeklarasikan dukungan kepada Eri-Armuji, di antaranya Jaringan Kemandirian Nasional (Jaman) dan Bara JP.

Baca juga: Jokowi: Membangun Indonesia butuh keberanian dan kepercayaan diri

Pilkada Surabaya 2020 diikuti pasangan Eri Cahyadi dan Armuji. Paslon nomor urut 01 tersebut diusung oleh PDI Perjuangan dan didukung oleh PSI.

Selain itu, mereka juga mendapatkan tambahan kekuatan dari enam partai politik nonparlemen, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hanura, Partai Berkarya, PKPI, dan Partai Garuda.

Sementara itu, pasangan Machfud Arifin-Mujiaman dengan nomor urut 02 diusung koalisi delapan partai, yakni PKB, PPP, PAN, Golkar, Gerindra, PKS, Demokrat dan Partai NasDem serta didukung Partai Perindo.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020