Angka pengangguran Prancis terus meningkat

Angka pengangguran Prancis terus meningkat

Dokumentasi - Sejumlah warga dengan memakai masker menunggu di luar lokasi tes penyakit virus corona (COVID-19) di Paris, Prancis, Senin (14/9/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Gonzalo Fuentes/hp/cfo/am.

Paris (ANTARA) - Tingkat pengangguran Prancis naik menjadi 9,0 persen pada kuartal ketiga dari 7,1 persen pada kuartal kedua, kata kantor statistik nasional Prancis, INSEE, pada Selasa.

Peningkatan angka pengangguran tersebut terjadi pada saat ekonomi terbesar kedua zona euro itu bergulat dengan pukulan yang disebabkan oleh krisis COVID-19.

INSEE telah memperingatkan awal tahun ini bahwa angka pengangguran di Prancis untuk dua kuartal pertama tahun 2020 miring karena adanya penguncian (lockdown) pencegahan COVID-19 pada pertengahan Maret hingga pertengahan Mei.

Keadaan itu mengurangi jumlah orang-orang yang secara teknis diklasifikasikan sebagai pengangguran karena tidak mungkin bagi mereka untuk mencari pekerjaan saat pandemi.

Bank of France pada awal pekan ini mengatakan bahwa aktivitas ekonomi Prancis pada November tercatat 12 persen lebih rendah dari biasanya, setelah negara itu melakukan penguncian untuk mengekang penyebaran virus COVID-19 untuk kedua kalinya tahun ini.

Sumber: Reuters

Baca juga: Gelombang kedua COVID Prancis berisiko lebih parah

Baca juga: Pandemi kembali memburuk, Paris tutup banyak toko pada malam hari

Baca juga: Prancis dan Jerman kembali 'lockdown' karena COVID-19


 

Muhammadiyah serukan boikot produk asal Prancis

Pewarta : Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2020