Surabaya (ANTARA) - Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Timur Hesti Armiwulan berharap peran perempuan sebagai agen perdamaian, terutama diawali dari lingkungan masing-masing.

"Perempuan sebagai agen perdamaian harus tersosialisasi secara masif di Jatim," ujarnya dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Surabaya, Jumat.

Untuk mewujudkannya, FKPT bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) telah berdiskusi dan mendeklarasikan perempuan sebagai agen perdamaian.

Baca juga: Kepala BNPT komitmen masalah terorisme dengan memperkuat pencegahan

Baca juga: FKPT Jatim libatkan LDK cegah paham radikal


Deklarasi di Kota Mojokerto itu diikuti 70 perempuan dari unsur kepala desa perempuan, ASN perempuan, organisasi perempuan serta ormas anggota Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Jatim.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum BKOW Jatim Fatma Saifullah Yusuf mengatakan radikalisme dan terorisme menjadi kekhawatiran bersama.

"Efek negatif radikalisme dan terorisme bisa berbahaya bagi kita semua, termasuk warga sipil. Perempuan mesti tampil sebagai solusi cegah tangkal terorisme dari keluarga," ucap Fatma, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menyatakan warganya tidak ada yang terpapar paham radikalisme, sehingga diharapkan menjadi barometer pencegahan terorisme di Jatim.

Menurut dia, perempuan dalam hal ini sebagai ibu perannya dalam keluarga sangat penting, khususnya di era teknologi informasi sekarang. "Peran ibu untuk mencegah berkembangnya paham radikalisme di lingkungan keluarga sangat tidak terbantahkan," katanya.

Baca juga: Khofifah : banyak perempuan hebat jarang bersuara tapi penuh karya

Baca juga: Khofifah apresiasi pemilih pemimpin perempuan


Ning Ita, sapaan akrabnya, menambahkan perbaikan kualitas sumber daya perempuan ke depan harus semakin ditingkatkan, khususnya dalam kapasitas dan perannya untuk cegah tangkal radikaliame di lingkungan keluarga dan sekitarnya.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020